Browse By

Mengapa Allah Menjadi Manusia?

Allah adalah kasih. Semua agama menggaungkan kalimat luhur ini. Tapi pernahkah teman-teman merasakannya? Pernahkah teman-teman selidiki buktinya? Di bagian pertama, saya telah membahas tentang satu buktinya. Buktinya Allah adalah kasih adalah bahwa Allah mati bagi manusia. Kali ini saya akan membahas bukti kedua bahwa Allah adalah kasih, yaitu Allah menjadi manusia.

Bagaimana Menunjukkan Kasih itu?

Beberapa hari yang lalu, saat bertugas mematikan-menghidupkan saklar lampu panggung di Gereja, saya mendengar percakapan seorang guru sekolah minggu dengan anak sekolah minggu. Kebetulan tempat pengaturan saklarnya itu sangat dekat dengan kelas sekolah minggu anak balita.

Saya mendengar si kakak sekolah minggu yang kini bersekolah Doktor di Jepang, berbicara manja kala bercerita cerita Alkitab kepada anak-anak. Suaranya dibuat seperti anak kecil. Saya berpikir, mungkin ini adalah salah satu cara si kakak sekolah minggu menjelaskan kepada anak-anak. Supaya anak balita mudah mengerti, maka kakak sekolah minggu menempatkan diri seperti anak-anak. Kakak sekolah minggu menjadi seperti anak-anak.

Ilustrasi seorang ibu bermain dengan anak: Allah menjadi manusia

Ilustrasi seorang ibu bermain dengan anak: Allah menjadi manusia

Saya juga jadi teringat bagaimana seorang ibu ketika menenangkan bayi yang menangis. Si ibu pasti memasang wajah yang lucu dan bodoh, berusaha membuat sang bayi berhenti menangis. Si ibu juga tidak jarang mengambil mainan bayi dan memainkannya di depan sang bayi. Nyanyi “nang ning ning nang ning nung”, berbicara bahasa bayi, berusaha memahami dunia sang bayi, jadi seorang bayi.

Untuk apa sih kakak sekolah minggu atau seorang ibu bertindak seperti itu? Untuk apa mereka menjadi bodoh, jadi seperti anak-anak? Untuk apa mereka berbicara dan bernyanyi seperti anak-anak? Jawabannya mungkin karena mereka ingin menunjukkan kasihnya pada sang anak bayi tersebut.

Menunjukkan kasih kepada seorang bayi tidak bisa dengan memberikan mainan saja. Tidak bisa hanya membelikan makanan bergizi atau keperluan lainnya. Kasih pada seorang bayi hanya bisa ditunjukkan dengan berbicara kepada sang bayi. Berusaha memahami apa keinginannya, bagaimana perasaannya yang sebenarnya, bernyanyi dan tertawa bersama sang bayi. Hanya inilah cara menunjukkan kasih itu.

Ketika Allah Menjadi Manusia

Sekarang kita kembali pada pokok pembahasan kita tentang Allah adalah kasih. Kalau Allah adalah kasih, Dia tidak bisa hanya berdiri dari jauh dan menyediakan keperluan kita. Dia juga tidak bisa hanya menyuruh ini dan itu sambil berkata semua demi kebaikan. Sama seperti seorang ibu yang harus jadi seperti bayi, kalau Allah ingin menunjukkan kasih-Nya, satu hal yang mesti Dia lakukan : Allah menjadi manusia.

Allah harus jadi seperti manusia. Allah harus ada di dunia manusia, merasakan kelemahan manusia, rasa lapar, haus, sakit, terluka, disakiti. Allah harus ada di dunia manusia, merasakan kekosongan dan ketidakberdayaan manusia. Allah menjadi manusia dan hidup layaknya manusia. Dengan jadi seperti manusia, Allah bisa dengan mudah mengajarkan pribadi Allah dan kasih Allah. Tidak dengan rasa takut atau kegentaran, namun dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh manusia.

Dengan Allah menjadi manusia, manusia dapat merasakan kehadiran Allah tanpa ada rasa takut. Merasakan berkat Allah secara langsung. Memahami keinginan dan perintah Allah dengan mudah. Merasakan sendiri bahwa Allah adalah kasih. Dengan Allah menjadi manusia, Allah bisa menunjukkan kasih-Nya.

Allah adalah kasih. Semua agama menyerukan hal yang sama. Tapi apakah teman-teman menemukan buktinya? Hanya dalam agama Kristen saja kita menemukan bukti Allah adalah kasih. Allah adalah kasih sebab Allah menjadi manusia.

Inkarnasi: Allah menjadi manusia

Inkarnasi: Allah menjadi manusia

Sumber Gambar : www.clipartguide.comwww.covlife.org

Artikel dengan tema yang sama :

  1. Apa kata Alkitab tentang Allah adalah kasih?
  2. Kalau Allah adalah kasih, Yesus harus mati
  3. Mengapa kematian dapat membuktikan kasih Allah?
  4. Kalau Allah adalah kasih, Allah harus menjadi manusia

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.