Browse By

Pengenalan Business Plan

Berikut ini adalah penjelasan mengenai Business Plan yang saya buat di dalam presentasi pengenalan Bisnis Plan kepada masyarakat Desa Toyapakeh, Nusa Penida, Bali.

Business Plan merupakan rancangan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh terhadap semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis.

Pengenalan Dasar Business Plan

Business plan yang baik memberi jaminan yang lebih terhadap keseriusan dari pengelola bisnis yang bersangkutan. Tujuannya untuk meyakinkan pihak investor atau pemberi dana hibah untuk usaha yang akan Anda buat.Apa saja yang biasanya ada di dalam sebuah business plan? Berikut ini beberapa aspek yang perlu dijelaskan pada sebuah business plan:

  1. Gambaran bisnis secara umum, latar belakang dan visi misiDi dalam business plan perlu disampaikan secara terperinci mengenai deskripsi usaha yang akan Anda lakukan, latar belakang yang mendasari Anda mengusung ide usaha tersebut serta visi misi apa yang ingin dicapai di dalam menjalankan usaha bisnis tersebut ke depannya.
  2. Deskripsi produk dan layananBusiness plan yang Anda rancang juga harus memuat bagaimana deskripsi produk yang Anda hasilkan serta bagaimana bentuk pelayanan yang Anda berikan kepada para konsumen usaha Anda. Di dalam uraian produk dan layanan, sebaiknya Anda juga menampilkan bagaiman model dari bisnis model yang Anda rancang, serta nilai-nilai apa yang Anda pakai dalam mengembangkan usaha tersebut.
  3. Rencana dan strategi marketingBusiness plan yang baik juga memuat bagaimana gambaran dan rencana strategi yang akan Anda jalankan terhadap perusahaan Anda serta bagaimana  Anda menjual produk yang telah dihasilkan kepada pasar.
  4. Rencana operasionalRencana operasional di dalam sebuah business plan memuat bagaimana gambaran pelaksanaan riil (nyata) dari usaha bisnis yang akan Anda kelola nantinya. Mulai dari siapa yang akan menjadi suplier usaha bisnis sampai bagaimana nantinya proses pengiriman atau penyimpanan.
  5. Manajemen dan personalManajemen dan personal di dalam sebuah business plan meliputi aspek pengelolaan struktur organisasi, serta bagaimana upaya yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus mengembangkan pengetahuan dan skill para karyawannya dalam bekerja.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.