Browse By

Zero Point Energy

Penggambaran elektron yang menyebar bagaikan awan di sekitar inti atom juga merupakan konsekuensi dari teori ketidakpastian Heisenberg. Bahkan tidak hanya elektron saja, namun seluruh objek di alam semesta ini juga memiliki sifat ketidakpastian ini, baik dalam posisi dan kecepatan. Namun ketidakpastian ini sulit sekali disaksikan dalam dunia makro, itu karena ketidakpastian sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran pbjek itu sendiri. Namun, kita tetap bisa menyaksikannya di lingkup yang lebih kecil, saat mengamati objek-objek dunia mikro seperti elektron dalam atom.

Zero Point Energy

Zero Point Energy : Bagaimanakah struktur atom sebenarnya?

Zero Point Energy

Ketidakpastian juga membawa dampak besar dalam struktur atom. Karena elektron memiliki posisi dan momentum yang tidak pasti, maka energi elektron sebenarnya tidak pernah bernilai 0. Energi 0 sendiri berarti elektron sama sekali tidak bergerak dan menempel dengan inti atom. Suatu hal yang mustahil bukan? Dalam posisi tertentu, elektron seharusnya memiliki momentum atau kecepatan yang sangat besar. Jadi mustahil elektron tidak bergerak dalam atom. Setidaknya dalam keadaan apapun, elektron memiliki energi minimal. Energi minimal elektron inilah yang disebut Zero Point Energy. Jadi dalam keadaan suhu terendah sekalipun, dan atom teringan sekalipun (atom hidrogen), elektron masih memiliki energi tertentu.

Zero Point Energy memberikan nilai minimal energi yang absolut yang selalu ada pada tiap elektron. Tidak peduli bagaimana pun kita berusaha menutup sistem (tidak ada perpindahan energi ke dalam ataupun ke luar sistem), elektron tetap memiliki energi. Selalu ada kecenderungan elektron akan berubah posisi dan kecepatan. Dengan kata lain, tidak ada elektron yang “diam”.

Zero Point Energy mungkin menjadi pengaruh yang paling besar dan dinamis dari teori ketidakpastian. Keberadaannya adalah pengaruh dari sifat kuantum dan sekaligus mempengaruhi seluruh partikel kuantum di seluruh jagat raya.

Sumber Gambar : BlogSpot

Perjalanan Sejarah Teori Kuantum 2

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.