Browse By

Prinsip Ketidakpastian – Uncertain Principles

Di bawah ini adalah penggambaran fungsi gelombang Ψ yang terdapat dalam Persamaan Schrodinger. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, walaupun terdiri atas bilangan kompleks, tapi kita tetap bisa menggambarkannya walaupun secara terbatas. Berikut adalah bentuk fungsi gelombang Ψ dengan bilangan asli saja.

Prinsip Ketidakpastian - Uncertain Principles
Prinsip Ketidakpastian – Uncertain Principles
Ilustrasi fungsi gelombang Ψ. Gelombang digambarkan dengan tiga buah warna, merah, biru, dan hijau. Gabungan ketiga gelombang membentuk wave packet.
(sumber :http://scienceblogs.com/principles/2007/03/05/basic-concepts-measurement)

Prinsip Ketidakpastian – Uncertain Principles

Fungsi gelombang Ψ di atas dapat mewakili pola persebaran gelombang. Anggaplah gelombang-gelombang di atas semuanya adalah gelombang sinus (sinus wave). Fungsi gelombang ini adalah gabungan dari berbagai macam panjang gelombang dan posisi gelombang (diwakili oleh warna merah, biru, dan hijau).Sekarang mari kita menganalisisnya. Jika kecepatan dari elektron bisa dipastikan, kita pasti dengan mudah menggambarkan bentuk gelombangnya. Ini terlihat di bagian kana dan kiri gambar di atas. Karena kecepatan elektron bisa dipastikan, kita bisa menuliskan dengan jelas bentuk gelombangnya. Tapi di saat yang bersamaan ada banyak gelombang yang menyebar tak berhingga. Jadi mustahil untuk menentukan di mana posisi sebuah elektron secara akurat.

Analisis yang kedua, yaitu kalau posisi elektron bisa dipastikan. Kalau posisi elektron telah dipastikan (pengamatan telah dilakukan), kita akan mendapatkan hanya sebuah gelombang saja. Seperti yang terdapat dalam gambar di bagian tengah. Gelombang-gelombang bergabung dan menyatu sehingga hanya kelihatan satu buah gelombang saja. Kita memang mendapatkan informasi akurat tentang posisi elektron, tapi di saat bersamaan kita kehilangan informasi tentang bentuk-bentuk gelombang yang lainnya. Karena informasinya hilang, kita jadi tidak tahu panjang dan frekuensi gelombang, dan pada akhirnya mustahil mengetahui kecepatan atau momentum gerak sebuah elektron.

Inilah Prinsip Ketidakpastian itu. Saat memastikan posisi elektron, mustahil memastikan momentum gerak atau kecepatan elektron. Sebaliknya saat memastikan kecepatan elektron, maka mustahil mengetahui posisi elektron.

Sumber gambar : Ilustrasi fungsi gelombang Ψ

Perjalanan Sejarah Teori Kuantum 2

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.