Browse By

Wave Nature of Electron

Pada bagian ini kita sudah berbicara banyak hal mengenai teori kuantum. Saya akan coba me-review-nya.

    1. Orbit elektron dalam atom memiliki tingkatan nilai, baik jari-jari orbit dan energinya. Bohr menjelaskannya dalam quantum condition. Louis de Broglie yang memperhatikan hal tersebut kemudian memberikan ide baru, idenya berupa sifat gelombang dari elektron/ Wave Nature of Electron. Melalui persamaan yang dibuatnya, dia kemudian menghitung panjang gelombang itu.
    2. Schrodinger sukses membuat persamaan Schrodinger. Persamaan yang juga berhasil menjelaskan tingkatan-tingkatan energi dari elektron, sekaligus mendeskripsikan sifat gelombang itu.
    3. Tapi fungsi gelombang yang ada dalam persamaan Schrodinger tidak mampu dijelaskan maknanya. Lagipula banyak kendala dalam menjelaskan bagaimana menggambarkan gelombang dengan persamaan ini (persamaan ini mengandung bilangan kompleks di dalamnya).
Broglie Equation Wave Nature of Electron

Broglie Equation Wave Nature of Electron

Ide tentang Wave Nature of Electron

Max Born muncul dengan ide baru. Dia tidak terlalu memikirkan makna fungsi gelombang atau Wave Nature of Electron dalam bahasa Inggris. Sebagai gantinya, dia mengatakan bahwa nilai kuadrat mutlak dari menunjukkan probabilitas atau peluang ditemukannya elektron di suatu tempat. Hal ini kemudian dikenal sebagai Interpretasi Probabilitas.

Bohr dan murid-muridnya mengumumkan Interpretasi Copenhagen. Isinya adalah, sebelum pengamatan dilakukan, fungsi gelombang ada dalam keadaan superposisi, terdiri dari banyak keadaan/ kondisi berbeda yang bertumpuk-tumpuk jadi satu. Tapi, saat pengamatan dilakukan, keadaan itu runtuh dan menyusut menjadi hanya sebuah keadaan saja.

Wave Nature of Electron

Wave Nature of Electron. Gambar sebelah kiri menunjukkan keadaan superposisi dari wave function. Karena pengamatan (measurement) dilakukan, kondisi superposisi runtuh dan menyusut, menjadi hanya sebuah kondisi (kanan)

Pada akhir 1920-an, Teori Kuantum–Teori yang merangkum dan menjelaskan fenomena aneh dalam dunia mikro–ini selesai disusun. Kesimpulannya, objek-objek dalam dunia mikro tunduk dan diatur oleh hukum-hukum yang berbeda dari yang kita ketahui sebelumnya. Kemudian muncul juga Teori Persamaan Schrodinger dan Teori Probabilitas Kuantum yang mendukung dan melengkapi Teori Kuantum.

Sumber gambar : Hipotesis Louis de Brogliekeadaan superposisi dari wave function

Perjalanan Sejarah Teori Kuantum 2

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.