Browse By

O Jesus Sipangolu Au

O Jesus Sipangolu Au

Naung salpu taon na buruk i,
Ho ma hupuji Tuhanki;
Ai diramoti Ho tongtong
Tondingku dohot dagingkon.

O Jesus, sai asi roham,
Paian denggan ni basam
Muse di taon na’mbaru on
Di nasa huriam tongtong!

Tahun yang lama berlalu
Engkau kupuji Tuhanku
Atas berkat dan kasihmu
Menjaga jiwa ragaku

Tiba juga saya di tahun baru, tahun 2011. Sungguh pengalaman yang amat menyenangkan ketika saya dan keluarga besar mama dapat berkumpul di rumah Tulang Iren menjelang pergantian tahun. Kenapa? Karena orang Batak punya kebiasaan untuk berkumpul bersama keluarga besar untuk berdoa bersama (kebaktian) menutup tahun serta untuk memulai tahun yang baru. Tidak lupa juga, ada acara Mandok Hatta yang biasa diadakan setelah kebaktian, yaitu acara saling mengucapkan kesan-pesan di tahun lama dan juga harapan di tahun yang baru. Kalau banyak yang hadir, acara Mandok Hatta bisa berlangsung lama. Tetapi di situlah enaknya, bisa bertukar pikiran dengan banyak saudara, yang bagi saya amat sulit dilakukan sepanjang tahun.

Tahun 2010 ini punya banyak kenangan, saya lulus UAN dan UAS dengan nilai yang memuaskan. Selanjutnya saya juga diterima di Teknik Elektro UI dan Sekolah Teknik Elektro Informatika (STEI) ITB. Setelah itu, adik saya juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jepang. Di ITB, saya juga memperoleh banyak teman baru dan pengalaman baru, juga penyertaan penuh Tuhan melalui kesehatan sepanjang tahun 2010 yang tidak dapat dihitung banyaknya.

Saya kira sudah sepantasnya kita berdoa menutup tahun 2010 ini, untuk mengucap syukur atas semua berkat Tuhan. Dan juga berdoa memulai tahun 2011, meminta penyertaan Tuhan atas diri kita, keluarga, lingkungan, dan negara kita.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.