Browse By

Teori Dunia Pararel 2 – Interpretasi Dunia Pararel

Many Worlds Theory, Many Worlds Interpretation atau Interpretasi Dunia Pararel bersumber dari disertasi seorang doktor dari Princeton University Amerika yaitu Hugh Everett (1930-1982) yang berjudul “Many Worlds Theory”. Dalam disertasinya itu dia menuliskan kesimpulan yang kuat, konsisten, dan tanpa cela sedikit pun.

Interpretasi Dunia Pararel

“Dengan melakukan pengukuran yang berulang-ulang, keadaan akan terus terpecah. Sesaat setelah suatu peristiwa terjadi, dunia akan terpecah menjadi banyak sesuai dengan banyaknya kemungkinan yang ada. Dunia yang terpecah ini berbeda-berbeda dan nyata dalam waktu bersamaan.”

hugh everett

Hugh Everett, pengajuĀ Interpretasi Dunia Pararel

Pertama Everett berpikir seperti berikut: Kalau benar fisika kuantum adalah salah satu hukum dasar Fisika, fisika kuantum harus juga valid untuk dunia makro, tidak hanya dunia mikro saja. Dari objek di luar angkasa yang berukuran raksasa hingga elektron yang berukuran mikro, semua objek ini seharusnya tunduk juga pada fisika kuantum. Tidak ada pengecualian dan pembedaan seperti dalam Interpretasi Copenhagen. Hingga pada akhirnya dia mengajukan ide baru mengenai Interpretasi Dunia Pararel.

penjelasan dunia pararel

Penjelasan interpretasi dunia pararel

Masakan ada yang namanya dunia pararel? Jadi ada dunia lain seperti yang sering digambarkan dalam film-film Science Fiction? Masa ada dunia di mana manusia bisa pergi ke sana lalu mengubah kejadian masa kini? Hal-hal yang seperti itu nampaknya amat mustahil dan ada di luar akal sehat manusia.

Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang kemudian berpikir seperti ini. Kalau benar dunia yang lainnya itu ada, tunjukkan buktinya! Atau pertanyaan lainnya yang bernada serupa. Tapi sayang, jawabannya tidak bisa karena dunia lainnya itu sudah terpisah secara fisika dan berdiri sendiri. Jangankan untuk pergi ke sana, untuk mengintip melihatnya saja tidak mungkin.

Kelihatannya teori ini curang ya! Seenaknya saja mengatakan begini dan begitu tanpa bisa menunjukkan fakta dan buktinya. Secara teori, dunia pararel ini memang tidak punya bukti cukup yang dapat membenarkannya, tapi juga tidak punya bukti juga untuk menyalahkannya.

Sumber gambar : Hugh Everett, Ilustrasi tentang Dunia Pararel

Artikel dalam Tema yang Sama : Apa itu Teori Dunia Pararel?

  1. Teori Dunia Pararel 1 – Apa yang menyebabkan Teori Dunia Pararel muncul?
  2. Teori Dunia Pararel 2 – Interpretasi dari Hugh Everett
  3. Teori Dunia Pararel 3 – Penjelasan Detail tentang Dunia Pararel
  4. Teori Dunia Pararel 4 – Membuktikan Schrodinger Cat dan Percobaan Feynman

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.