Browse By

Teori Dunia Pararel 4

Schrodinger Cat dari Teori Dunia Pararel

Setelah mengetahui isi dari Interpretasi Dunia Pararel ini (Many Worlds Interpretation), mari kita coba membahas kembali percobaan Kucing Schrodinger dari sudut pandang interpretasi ini.

Zat radioaktif dan apparatus lain, kotak di mana kucing dimasukkan ke dalamnya, semua sudah 1 jam berlalu. Peluangnya 50% kucing hidup dan 50% kucing mati. Tanpa diketahui sang pengamat, saat itu dunia sesungguhnya sudah terpecah menjadi dua. Dunia yang pertama adalah dunia ketika zat radioaktif telah meluruh, mengaktifkan detektor, dan membuka tabung gas yang menyebabkan kucing mati. Dan dunia satunya lagi saat kucing masih hidup karena zat radioaktif tidak meluruh.

Dunia Pararel

Penjelasan Schrodinger Cat dari interpretasi Dunia Pararel

Ketika pengamat membuka kotak, pengamat yang menentukan dunia mana yang muncul di kenyataan. Itu saja. Tidak perlu repot-repot memikirkan yang namanya kucing setengah hidup dan setengah mati, kapan penyusutan sifat gelombang terjadi, batas pemisahan dunia mikro dan dunia makro. Semua hal-hal ini berhasil dihindari oleh Interpretasi Dunia Pararel. Berbeda dengan Interpretasi Copenhagen (Copenhagen Interpretation), interpretasi ini konsisten dari awal sampai akhir tanpa ada paradoks dan kontradiksi di dalamnya.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.