Browse By

Apapun juga Menimpamu

Refleksi Memasuki 2016: Apapun juga Menimpamu

Akhirnya kita tiba di minggu terakhir tahun 2015 ini. Sudah lebih dari 360 hari kita jalani di tahun ini. Ada banyak pencapaian dan keberhasilan, juga kegagalan dan kesedihan. Dan menjelang tahun yang baru–tahun 2016–kita tidak tahu ada apa di depan kita. Apakah ada penderitaan dan kesusahan? Atau sukacita dan kemenangan? Tidak ada yang pasti. Namun, satu hal yang dapat kita pegang, bahwa apapun juga yang menimpa kita, Tuhan akan selalu menjaga dan melindungi kita.

Apapun juga menimpamu, Tuhan menjagamu.
Naungan kasihNya pelindungmu, Tuhan menjagamu.
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang,
Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

Bila menanggung beban berat, Tuhan menjagamu.
Masa depanmu kelam pekat? Tuhan menjagamu.
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang,
Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

DipeliharaNya hidupmu; Tuhan menjagamu
dan didengarkanNya doamu; Tuhan menjagamu.
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang,
Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

Cobaan apa mengganggumu? Tuhan menjagamu.
Buatlah Yesus sandaranmu; Dia menjagamu.
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang,
Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

Kidung Jemaat 438, Apapun Juga Menimpamu, dengan lirik asli “God Will Take Care of You”

Kisah dibalik lagu Apapun juga Menimpamu

Pendeta Walter Stillman Martin, seorang penginjil terkenal, diundang untuk berkhotbah di sebuah gereja di suatu minggu. Bersama dengan istrinya, mereka berencana untuk menghadiri ibadah tersebut. Namun secara tiba-tiba, di minggu pagi itu, istrinya sakit, sehingga mustahil baginya untuk menemani suaminya untuk berkotbah. Melihat kondisi istrinya yang sakit, Pendeta Martin begitu khawatir, dan berencana untuk membatalkan undangan khotbah hari itu. Namun, anak-anak mereka berkata,  “Papa, kau tidak berpikir bahwa jika Tuhan ingin papa berkhotbah hari ini, Tuhan sendiri yang akan menjaga mama saat papa pergi. “

Pendeta Martin berkhotbah bahwa hari Minggu dan kembali malam harinya dan menemukan kondisi istrinya sudah jauh lebih baik. Ia amat bersyukur bagaimana Tuhan menjaga istrinya selama ia berkhotbah. Terilhami oleh pengalaman yang ia rasakan dan perkataan anak-anaknya, Pendeta Martin kemudian menuliskan lirik-lirik lagu yang kemudian digubah menjadi lagu oleh istrinya, Civilla Martin menjadi sebuah lagu hymne yang terjemahannya saya tuliskan di awal tulisan ini.

Be not dismayed whate’er betide,
God will take care of you;

beneath his wings of love abide,
God will take care of you.
God will take care of you,
through every day, o’er all the way;
he will take care of you,
God will take care of you.

Pengalaman rohani yang dirasakan oleh keluarga Pendeta Martin itu menjadi refleksi bagi kita. Kita sering khawatir dan takut akan kondisi buruk yang terjadi di dalam kehidupan ini. Mari, ikuti kata-kata lembut anak-anak Pendeta Martin yang meneguhkan iman ayahnya, “Tuhan sendiri yang akan menjaga mama.” Tuhan yang sama yang akan menjaga kita di waktu tenang maupun tegang di tahun 2016. Percayalah pada-Nya, dan serahkan hidupmu sepenuhnya.

Lirik lagu asli hymnal.net

Recommended for you

One thought on “Apapun juga Menimpamu”

  1. Mithy says:

    Terima kasih sudah mengingatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.