Browse By

Apa Makna Natal Bagiku?

Selamat hari Natal kepada teman-teman semua. Saya senang bila teman-teman turut mendapatkan berkat melalui website danielnugroho.com yang berisi refleksi dan perenungan pribadi mengenai kehidupan Kristen dan juga pengalaman-pengalaman kami. Website ini telah berkembang hampir 3 kali lipat di tahun 2015, semenjak perubahan di tahun 2013 yang lalu. Jumlah pengunjung website menjadi hampir 2,5 kali lipat dan jumlah halaman yang dibaca naik 2 kali lipat. Dan dalam artikel ini masih dalam suasana Natal, ijinkan saya membagikan perenungan Natal: Apa makna Natal bagiku?

Apa Makna Natal?

Apa Makna Natal Bagiku

Apa Makna Natal Bagiku

Pertanyaan ini semestinya ada dalam benak kita sepanjang tahun, tidak hanya saat pohon Natal dihias dan lantunan musik dan lagu Natal dimainkan di bulan Desember saja. Apa makna Natal? Adakah Natal membawa perubahan dalam diriku? Adakah Natal membuatku belajar tentang Allah? Mari kita bersama-sama merenungkannya seperti yang tertulis dalam Lukas 2.

Kehadiran Allah di dalam dunia dalam rupa Yesus menunjukkan sedemikian besarnya kasih Allah. Ketika dulu bangsa Israel berkhianat dan menentang perjanjian dengan Allah dan melawan segala Nabi dan firman yang disampaikan Allah, Allah menghukumnya dengan pembuangan ke negeri Babel. Suasana Israel dan Yehuda juga porak-poranda akibat dihancurkan oleh Babel dan Asyur. Namun, meskipun begitu, Allah tidak berarti membenci dan selamanya meninggalkan umat-Nya. Allah memberikan harapan baru lewat kelahiran Mesias di kota Betlehem, yang kita rayakan sebagai hari Natal.

Para gembala menjadi saksi pertama berita sukacita tersebut. Mereka yang pertama mendapatkan kabar kelahiran sang Mesias yang disampaikan oleh para Malaikat (Lukas 2:8-14). Sungguh menarik mengetahui bahwa para Malaikat tidak hanya ditugaskan menyampaikan kabar kelahiran Yesus kepada para gembala saja, namun juga para Malaikat memuji Allah bersama dengan sejumlah besar bala tentara sorga. “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya” (Lukas 2:14). Kita dapat melihat begitu besarnya sukacita sorga menyambut kedatangan Allah ke dunia.

Di sinilah kita memahami sesungguhnya apa makna Natal bagi diri kita. Natal adalah di mana Allah sepatutnya dimuliakan oleh seluruh alam semesta. Seluruh alam semesta akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti yang disampaikan dalam Habakuk 2:14. Seluruh umat akan memuji dan mengagungkan Allah Mahakuasa dan Maha Ajaib atas karena karya-Nya yang agung.

Di sinilah kita memahami makna Natal. Natal adalah momen di mana kita kembali diingatkan untuk senantiasa mengagungkan dan meninggikan Allah sang Pencipta yang Maha Kasih dan Maha Rahim. Pengenalan akan Allah yang Maha Kasih lewat momen Natal itulah yang membawa damai sejahtera di bumi. Semakin kita mengenal Allah dan kasih Allah, kita akan semakin bersyukur, dan mendapatkan damai sejahtera dalam hidup.

Apakah Natal itu? Mengapa Allah harus datang ke dalam dunia dalam Yesus? Alasannya untuk menunjukkan dan memperlihatkan kemuliaan dan keajaiban kasih Allah. Lewat Natal kita memahami Allah bukannya Allah yang jauh dan tidak peduli, namun Allah yang sangat kasih dan memperhatikan kita satu per satu. Pengenalan akan Allah inilah yang akan memberikan sukacita dan damai sejahtera bagi kita dalam menjalani kehidupan. Meskipun ada masalah dan tantangan yang berat menghadang, kita percaya Allah tidak berubah dan mempedulikan kita satu per satu. Inilah makna Natal bagiku. Dan alangkah bahagianya mendapati teman-teman juga merasakan sukacita yang sama dari Allah.

Sekali lagi saya mengucapkan selamat hari Natal bagi kita semua! Syalom!

Sumber gambar: storebuildingtool.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.