Browse By

Tujuan Yesus Datang ke Dunia

Mengapa Yesus harus datang ke dalam dunia? Apa tujuan Yesus datang ke dunia yang gelap dan berdosa ini? Kedatangan Yesus ke dalam dunia bukanlah untuk memerintah, menjadi penguasa, dan mengalahkan kekuatan Romawi yang berkuasa waktu itu. Lebih daripada yang bisa kita bayangkan, kedatangan Yesus memiliki tujuan yang jauh lebih dalam dan besar. Rasul Yohanes dalam surat 1 Yohanes menuliskan dengan jelas tujuan Yesus datang ke dalam dunia.

Apakah Tujuan Yesus Datang ke Dunia?

Dalam surat 1 Yohanes 3:7-8 dituliskan demikian, “Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu, Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar; barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya, Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.” Tujuan Yesus datang sungguh jelas seperti yang tertera dalam kutipan Alkitab di atas, yakni membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis. Ayat 5 di pasal yang sama juga memberikan penyataan serupa, “Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa” (1 Yohanes 3:5). Yesus datang untuk membinasakan dan menghapuskan seluruh perbuatan Iblis yakni dosa.

Tujuan Yesus Datang ke Dunia

Tujuan Yesus Datang ke Dunia

Di sini kita musti mengerti, jika Yesus hanya manusia biasa, Dia tidak memiliki kuasa untuk menghapuskan dosa. Sebab, hanya Allah yang berkuasa dan punya wewenang menghapus dosa (sebab dosa bermakna penyangkalan terhadap Allah). Itu berarti Yesus sendiri adalah Allah. Yesus datang ke dunia untuk menghapuskan segala dosa dan pelanggaran yang dibuat oleh manusia.

Lebih dalam lagi dalam 1 Yohanes 2:1 dituliskan demikian, “Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara kepada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.” Di ayat kedua dituliskan juga demikian, “Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia,” (1 Yohanes 2:2). Yesus menjadi pengantara dan pendamai kita dengan Allah.

Tujuan Yesus datang ada dua seperti yang diungkapkan Rasul Yohanes. Pertama, untuk menghapuskan segala dosa dan perbuatan Iblis sehingga kita tidak terikat dan dibelenggu oleh dosa. Kedua, jika kita berdosa, Yesus menjadi pendamai dan pengantara kita di hadapan Allah.

Sungguh agung karya Allah dalam Yesus Kristus!

Sumber gambar: http://thecenter.cc

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.