Browse By

Sejarah Singkat Website

Secara resmi, website danielnugroho.com berumur 2 tahun. Dua tahun lalu, pada pagi hari sebelum berangkat kuliah tanggal 6 September 2012, saya membeli domain seharga 10 dollar dari Godaddy dan melakukan migrasi website ke custom domain. Dari yang semula ourstoryingod.blogspot.com menjadi danielnugroho.com. Di hari yang sama, tahun 2013, saya berhasil memindahkan 1300 artikel lebih dari Blogger ke CMS baru yakni WordPress. Jadi, tanggal 6 September menjadi tanggal bersejarah bagi website kami ini. Pada artikel berikut, saya ingin menceritakan sejarah singkat website, kisah dan kejadian yang Abang dan saya alami dalam mengelola website ini. Ada banyak masalah yang menerpa, namun Tuhan membuat kami mampu mencari jalan keluar dan menyelesaikannya. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat membaca.

Sejarah Singkat Website danielnugroho.com

Sejarah singkat website

Sejarah singkat website

September 2012 : Sejarah singkat website dimulai saat saya membeli domain baru danielnugroho.com. Keputusan ini diambil setelah berkomunikasi dengan Abang lebih dahulu. Waktu itu saya berencana mengganti nama website dari yang berakhiran blogspot.com menjadi nama independen. Hasilnya tanggal 6 September 2012, saya membeli domain dari Godaddy dan mendaftarkannya ke pengaturan website baru. Isi website tidak ada yang berubah, hanya nama domainnya saja.

Desember 2012: Meskipun beberapa artikel bertemakan Natal mendapat banyak kunjungan, namun saya merasa mesti melakukan perubahan pada tampilan website. Ini dikarenakan website yang semakin berat (dari segi data) dan tampilan yang memakan banyak data. Harus ada perubahan, pikir saya waktu itu.

April 2013: Saya menemukan beberapa tips dan trik mengubah tampilan homepage website. Sekembalinya dari liburan musim semi di Indonesia, saya segera mempraktekkannya di website blogger. Meskipun menyita waktu sampai 2 hari, namun hasilnya memuaskan. Berikut detail lengkap sewaktu mengubah tampilan website.

Juli 2013: Saya menemukan fakta bahwa kode-kode yang dipergunakan untuk mengubah tampilan website di bulan April lalu justru imbasnya buruk. Halaman website memakan banyak data dan waktu untuk merender direct css dan javascript code yang saya taruh di homepage. Waktu itu saya sedang melakukan kerja praktek di Prefektur Saga Jepang. Di malam hari kala beristirahat di hotel, saya mencari informasi dan membuat plan baru mengenai website ke depannya.

September 2013: Pulang dari kerja praktek, saya bertemu dengan wordpress kala bercengkrama dengan Bang Sonny di gereja. Dalam seminggu setelahnya, saya mencari semua informasi yang diperlukan mengenai domain dan web hosting, apa kelebihan wordpress dibanding blogspot, dan informasi-informasi lainnya. Pada tanggal 6 September 2013, mengadakan migrasi ke server baru.

Oktober 2013: Hari-hari disibukkan dengan kuliah sambil belajar hal-hal baru mengenai website. Waktu itu website masih “telanjang”, mendapatkan banyak serangan spam, login attempts, dan laporan pencobaan hack. Saya mesti melakukan backup setiap hari sambil mencoba memperkuat website. Kalau apa yang dilakukan berjalan mulus, Puji Tuhan. Namun lebih banyak gagal sehingga harus berulang kali mengupload kembali backup website.

Desember 2013: Sibuk mengerjakan artikel-artikel baru, sambil mengadakan beberapa penyesuaian terhadap artikel yang baru dimigrasi. Hampir 1200 artikel sudah saya rapikan dan tata sehingga lebih mudah dibaca. Saya juga mencari informasi mengenai kostumisasi website (mempercepat kecepatan website, kemampuan cache, dan tingkat keamanan)

April 2014: Website danielnugroho.com sudah relatif aman, cepat dibuka, dan makin mudah untuk diakses. Puncaknya pada hari Jumat Agung ketika total kunjungan mencapai 1100 kunjungan lebih sehari. Saya mencari cara lagi untuk kostumisasi server, dengan memperpanjang cache dan beberapa script di akses utama server.

September 2014: Kunjungan ke website makin meningkat. Hasil kunjungan dari search engine dan referrer lainnya juga sedikit demi sedikit meningkat. Tetap semangat untuk menulis artikel-artikel baru tiap hari.

Demikian sejarah singkat website danielnugroho.com yang kini berumur 2 tahun. Dua tahun umur yang sudah cukup lama. Seorang bayi dua tahun sudah bisa berbicara dua tiga kalimat, bernyanyi, dan tertawa riang. Dan harapan kami berdua, Daniel dan Nugroho juga sama. Kami tetap dapat berbicara, bernyanyi, dan tertawa riang dengan teman-teman semua lewat interaksi di website danielnugroho.com ini.

Sumber gambar : pexels.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.