Browse By

Transformasi ke Homepage Baru

Kalau teman-teman melihat, home page/ halaman utama website www.danielnugroho.com sudah berubah. Kami telah melakukan transformasi ke homepage baru. Halaman utama yang dulunya masih berupa potongan-potongan artikel blog digantikan dengan homepage yang baru, dengan tampilan yang lebih ofisial.

Dibanding dengan halaman yang lama, halaman yang baru memuat informasi lebih banyak dan lebih mudah dalam pencarian informasi. Ada juga gambar-gambar yang mewakili sub-sub tema yang ada, yang dapat membantu teman-teman dalam membaca blog kami. Tetapi tenang saja, halaman yang lama tetap kami simpan dalam link BLOG. Teman-teman tetap dapat menikmati tampilan yang lama.

Transformasi ke Homepage Baru

Proses transformasi ke homepage baru tidak semudah yang saya bayangkan. Perlu 2 hari kerja, sekitar 16 jam untuk melakukan perubahan. Transformasi halaman ini sebenarnya sudah lama kami rencanakan, dari sekitar bulan Januari lalu. Saya sudah mulai menambahkan beberapa script dan css, memasukkan slider (gambar yang bisa berubah-ubah setiap waktu), tulisan artikel terbaru (recent post), dan tulisan artikel terkait (related post). Saya juga menambahkan ajax menu (yang mirip menu di windows) dan multi tab (menu bersusun). Tapi itu hanyalah perubahan secara kecil dan detail-detail saja. Sifatnya tidak menyeluruh dan tidak terlalu kelihatan.

Barulah setelah kembali ke Jepang, saya memulai proses transformasi ke homepage baru ini. Setelah menyelesaikan urusan-urusan yang berkaitan dengan proses perpindahan asrama ke tempat baru, saya mulai fokus dalam pembuatan script dan css. Dan akhirnya pada tanggal 5 April 2013, 3 tahun setelah blog ini mulai dibuat, kami memiliki homepage baru. Semuanya hanya berkat Tuhan saja.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Your email address will not be published.