Browse By

Proses Migrasi ke Custom Domain

Setelah membaca mengenai migrasi ke custom domain di artikel sebelumnya, saya ingin bercerita tentang proses migrasi ke custom domain yang saya alami sendiri. Silakan membaca teman-teman.

Mengapa migrasi ke custom domain ini harus dilakukan? Alasannya karena saya belajar dengan pindah ke alamat [dot]com, blog tidak lagi berada di bawah bayangan blogspot. Blog jadi bisa semakin dikenal luas dan ditemukan dari seluruh dunia. Nama blog juga makin orisinil dan bagus, sebab tidak ada lagi alamat blogspot di dalamnya.

Nah, 2 alasan inilah yang membuat nilai SEO blog (baca artikel mengenai SEO disini) naik. Saya sendiri mengetahui hal ini karena membaca beberapa artikel di buku dan internet.

danielnugroho.com

danielnugroho.com

Dalam melakukan migrasi ke alamat [dot]com yang baru, saya memanfaatkan fitur dari Blogger dalam menu Settings/ Pengaturan. Lewat blogger, saya membeli alamat domain baru di domain GoDaddy, yaitu www.danielnugroho.com. Alamat domain ini tidak seperti blogspot yang gratis, namun harus membayar 10 US Dollar setahun, atau sekitar 10 ribu per tahun. Saya pun membayarnya dengan harapan blog yang makin bagus.

Tanggal 6 September 2012, proses migrasi ke custom domain berlangsung begitu cepat. Mungkin hanya dalam hitungan menit saja. Hanya sebentar alamat web tidak bisa muncul, namun beberapa detik kemudian web muncul dengan alamat yang baru. Saya betul-betul merasa senang saat itu, berharap bahwa blog akan segera makin populer. Proses migrasi ke custom domain berlangsung dengan lancar.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.