Browse By

Migrasi ke Custom Domain

Dengan tinggal di Jepang, saya pun belajar Web Design secara otodidak dan memperbarui blog renungan Kristen kami. Saya mulai melakukan beberapa perubahan di alamat blog kami terdahulu, www.ourstoryingod.blogspot.com. Saya menambahkan widget-widget baru pada blog, juga memasukkan script-script javascript dan css yang mempercantik blog kami. Hingga puncaknya ketika kami melakukan migrasi ke custom domain.Sebelumnya, saya juga menambahkan fitur Artikel Terbaru, Artikel Berkaitan, Tombol Share ke Facebook dan Twitter, tombol Search, tombol Subscribe with Email. Saya pun belajar mengedit slider (layar berseluncur menunjukkan artikel-artikel dalam blog) dan membuat script Multi-Tab untuk widget Archive/ Arsip dan Label. Saya juga mendaftarkan web ke Google Webpage, sebuah aplikasi web yang bisa membantu menaikkan popularitas blog.

Sekali lagi harus saya nyatakan, bahwa semuanya ini adalah hanya karena Tuhan. Hanya karena rencana Tuhanlah saya bisa pergi ke Jepang sehingga berkesempatan belajar banyak hal soal blogging dan membuat blog jadi makin populer. Tuhan pula telah memampukan saya untuk dapat belajar dan mencoba script-script baru untuk tampilan blog yang lebih baik.

Meskipun telah banyak perubahan yang telah dilakukan dalam blog, saya tidak berhenti belajar. Saya terus membaca dan menggali informasi mengenai cara meningkatkan popularitas blog atau website. Saya membaca buku-buku di perpustakaan kampus, mampir dan membaca buku di toko buku, ikut kuliah umum tentang web design, juga mencari informasi di internet. Dari sana saya mendapatkan lagi ide untuk memperbaiki lagi blog yang sudah ada: blog akan melakukan migrasi. Migrasi ke Custom Domain dari Sub Domain.

Migrasi ke Custom Domain

Migrasi ke custom domain

Migrasi ke custom domain

Apa maksudnya migrasi? Migrasi adalah perpindahan alamat blog. Contohnya adalah blog ini yang migrasi ke custom domain www.danielnugroho.com dari sebelumnya sub domain di www.ourstoryingod.blogspot.com. Alamat baru yang lebih personal ini menggunakan gabungan nama Abang Daniel dan saya Nugroho untuk menujukkan personalitas web. Selain itu kami juga pindah dari blogspot ke alamat web bebas, ke alamat [dot]com. Migrasi dilakukan pada pagi hari tanggal 6 September 2012. Saat saya libur karena sedang masa tenang sebelum ujian akhir semester. Jadi kalau mau dirangkum ulang sejarah website kami adalah sebagai berikut:

  1. 1 April 2010 www.renungankristen.blogspot.com (registrasi awal blog)
  2. pertengahan Agustus 2010 www.ourstoryingod.blogspot.com (migrasi ke sesama sub domain)
  3. 6 September 2012 www.danielnugroho.com (migrasi ke custom domain)

Demikian artikel kali ini, tetap lanjut membaca artikel selanjutnya ya teman-teman!

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.