Browse By

Cara Meningkatkan Popularitas Blog

Beberapa saat setelah peluncuran blog, abang sempat kuatir, apakah kami tetap mampu menulis renungan di waktu-waktu kuliah. Kekuatiran kami juga bertambah ketika saya harus pergi ke Jepang untuk meneruskan kuliah. Namun, saya amat bersyukur, kekuatiran perlahan-lahan terkikis. Dengan pergi ke Jepang, saya jadi makin tahu cara meningkatkan popularitas blog.

cara meningkatkan popularitas blog

Cara meningkatkan popularitas blog

Justru dengan perginya saya ke Jepang, saya bisa semakin tahu banyak hal. Saya bisa menulis pengalaman saya belajar bahasa Jepang, kehidupan saya sebagai mahasiswa di Jepang, pergaulan dengan teman-teman mahasiswa asing ataupun dengan orang Jepang, dan ilmu-ilmu yang saya dapatkan. Saya juga bisa menulis tentang persekutuan dan gereja yang ada di Tokyo sehingga menambah luas dan kaya cakupan artikel yang telah kami tuliskan.

Tidak lupa juga saya menuliskan artikel-artikel sains terkini, mengenai percobaan tentang cahaya, penemuan terbaru teori kuantum, dan masih banyak tema lainnya. Tidak lupa saya pun menuliskan artikel mengenai perjalanan saya pergi ke seantero Jepang. Saya dapat menuliskan kenangan dan pengalaman sekaligus menampilkan foto-foto dan informasi yang mungkin berguna bagi teman-teman. Kami ingin menceritakan akan kebaikan Tuhan yang sungguh nyata dalam kehidupan kami.

Selain itu, dengan saya pergi ke Jepang, saya pun bisa mendapatkan akses internet tidak terbatas. Saya bisa semakin banyak membaca informasi misalnya mengenai artikel rohani Kristen dan menjadikannya ide untuk menulis. Tidak hanya itu, akses internet yang ada membuat saya jadi tahu juga bagaimana membuat sebuah blog atau website menjadi semakin dikenal. Kalau dulu di Indonesia, kami agak kesulitan mengembangkan blog kami karena internet yang limited, di Jepang internetnya terus tersambung. Saya jadi tidak perlu kuatir lagi akan tagihan internet.

Cara Meningkatkan Popularitas Blog

Saya menemukan artikel di internet mengenai cara meningkatkan popularitas blog atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) sebuah website. Intinya dengan melakukan perubahan di sana sini, kita dapat membuat sebuah blog atau website menjadi semakin terkenal. Membuatnya muncul di papan cari google lebih sering dan lebih ke atas. Saya kemudian membaca cara-caranya dengan teliti dan menyunting kembali artikel-artikel yang dahulu atau sekedar menambahkan gambar ke dalam sebuah artikel. Saya mencicil melakukannya di sela-sela kuliah atau masa libur.

Jadi Puji Tuhan ketika saya bisa pergi ke Jepang, sehingga saya bisa mengedit web sehingga makin populer. Buktinya, di ulang tahun pertama (April 2011), blog ini dikunjungi oleh 5700 pengunjung. Kemudian 36674 di ulang tahun kedua (April 2012). Dan di ulang tahun ketiga (April 2013), pengunjung sudah menembus angka 110000. Angkanya berkali lipat bukan? Inilah juga yang membuktikan suntingan yang saya lakukan berhasil menaikkan SEO dan mendongkrak website menjadi lebih populer.

Jadi, bagi teman-teman yang ingin meningkatkan popularitas blog atau websitenya, tetapkan dulu tema utamanya. Kemudian tetaplah terus menulis artikel, sambil menambahkan beberapa kata kunci dan memasukkan gambar-gambar yang mendukung. Sekian artikel kali ini, masih di dalam Tema Besar: Sejarah Perjalanan Website www.danielnugroho.com.

Belajar SEO lebih banyak di sini.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.