Browse By

Pembangunan PLTN di Indonesia

Kegagalan alat kontrol dan alat pencatat saat tekanan tinggi inilah yang disorot banyak praktisi dan ilmuwan. Sebab selama ini mereka hanya melakukan pengecekan dalam keadaan normal (tekanan udara normal), tidak dalam tekanan yang tinggi.

Kecelakaan PLTN Fukushima merupakan pukulan bagi industri nuklir. Sistem failsafe (kalaupun gagal masih ada sistem cadangan) yang digadang-gadang menjadi sistem teraman, malah membawa efek kebalikan. Amerika dan Jerman dilaporkan langsung menghentikan sementara operasi PLTN di negara tersebut untuk dilakukan evaluasi sistem keselamatan (PLTN di negara tersebut dibangun dengan sistem dan waktu yang berdekatan dengan PLTN Fukushima yakni tahun 1970-an).

Kondisi PLTN di Seluruh Dunia

PLTN yang beroperasi di dunia kini pada dasarnya ada dua kelompok, dibagi berdasarkan generasinya. Kedua kelompok tersebut adalah PLTN lama (generasi 2) dan PLTN baru (generasi 3).

Sistem keselamatan pada PLTN tersebut sekalipun bervariasi dalam konfigurasinya, memiliki kemiripan, yaitu masih tergantung pada sistem suplai daya cadangan setelah shutdown (tergantung pada mesin diesel darurat). Dengan demikian, kegagalan mesin diesel akan menimbulkan konsekuensi yang mirip dengan PLTN Fukushima Reaktor 1.

Pada PLTN generasi berikutnya (generasi 3), kehandalan sistem dan mesin ditingkatkan. Mesin diesel cadangan ditempatkan dalam kompleks bangunan nuklir (nuclear Islands) untuk mendapatkan proteksi sebagaimana komponen nuklir. Hal ini akan mengurangi peluang kegagalan mesin diesel.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.