Browse By

Belajar dari PLTN Fukushima Jepang

Pembangunan PLTN tidak bisa dipisahkan dari dampak lingkungan. PLTN memang menawarkan sumber energi yang tak terbatas dan murah, namun potensi terjadinya kecelakaan PLTN juga tidak boleh dilupakan.

Kali ini, saya akan membahas mengenai kecelakaan PLTN yang paling baru yakni mengenai PLTN Fukushima di Prefektur Fukushima Jepang. Pembahasan ini didasarkan pada acara televisi NHK Jepang mengenai Meltdown di PLTN Fukushima.

Mengenal PLTN Fukushima Jepang

PLTN Fukushima Daichi termasuk jenis Boiling Water Reactor atau BWR yakni BWR 3, BWR-4, BWR-5, yang terkategori sebagai PLTN generasi 2 (PLTN yang dibuat sebelum tahun 1980-an). PLTN generasi 2 pada umumnya masih menggunakan sistem keselamatan aktif (failsafe), yaitu memerlukan sumber tenaga darurat setelah dimatikan.

Yang Terjadi Kala Gempa di PLTN Fukushima Jepang

Sistem di PLTN Fukushima Jepang

Sistem BWR di PLTN Fukushima Jepang (sumber :globalresearch.ca)

Pada PLTN Fukushima terdapat 6 unit reaktor PLTN. Pada saat terjadinya gempa, unit 1, 2 dan 3 sedang beroperasi sementara unit 4, 5 dan 6 sedang tidak beroperasi karena menjalani maintenance. Unit 1, 2, 3, 4 berada pada satu blok sedangkan unit 5 dan 6 di blok yang lain.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published.