Browse By

Bagaimana Keadaan PLTN di Dunia?

Di artikel sebelumnya, kita telah mengupas singkat mengenai keadaan PLTN di dunia khususnya di negara Prancis yang 75% energi listriknya berasal dari PLTN. Kita telah belajar kesulitan dan tantangan yang dihadapi ilmuwan-ilmuwan di bawah tanah Desa Bure, tantangan bagaimana cara menyimpan dan mengubur limbah nuklir yang paling aman untuk waktu 100 ribu tahun. Sekarang kita akan beralih ke negara lainnya. Kita akan sama-sama melihat keadaan PLTN di dunia, kali ini negara Amerika Serikat dan Jepang.

Bagaimana Keadaan PLTN di Dunia: Amerika Serikat

Bagaimana dengan Negeri Paman Sam? Di Amerika, jika limbah nuklir dari batang bahan bakar nuklir habis pakai dikumpulkan semuanya, maka totalnya mencapai 77 ribu ton. Jumlah ini cukup memenuhi Stadion Gelora Bung Karno Senayan dari lapangan hingga ke atapnya, penuh dengan limbah nuklir paling radioaktif dan berbahaya.

Keadaan PLTN di Dunia Amerika Serikat

Keadaan PLTN di Dunia Amerika Serikat : Yucca Mountain
(Sumber : abcnews.com)

Keadaan PLTN di Dunia Amerika Serikat

Keadaan PLTN di Dunia Amerika Serikat : Yucca Mountain
(Sumber : blog.heritage.org)

Amerika Serikat telah memutuskan untuk tidak mendaur ulang limbah PLTN. Tapi akibatnya volume limbah nuklir menggelembung. Sempat ada rencana untuk mengubur limbah di pegunungan Yucca Mountain 160 km dari Kota Casino Las Vegas. Namun rencana itu jadi putih karena demo penolakan rakyat Amerika. Kini puluhan ribu ton limbah nuklir disimpan di dalam kompleks PLTN tanpa ada tujuan akhir yang jelas.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.