Browse By

Refleksi Pekerjaan: Motor dan Generator

Hari ini adalah hari jumat pertama aku berada di WTC di kawasan Karet, Sudirman. Di kantor pusat perusahaan tempatku bekerja sekarang. Hari ini saya berdiskusi mengenai pekerjaan saya di divisi yang baru: Process Automation (PA). Pekerjaan baru ini akan memberikan saya kesempatan untuk mendalami Distributed Control System–atau yang lebih dikenal sebagai DCS. Dalam pekerjaan ini juga saya akan diberikan kesempatan mempelajari project-management. Berbeda dari pekerjaan saya sebelumnya di Discrete Motion (DM) bagian Motor and Generator Service, di mana setiap project service durasinya sekitar 1-3 minggu, namun di divisi PA, setiap project bisa berusia bulanan bahkan tahunan.

Tidak seperti hari hari jumat sebelumnya, saya akan merindukan saat-saat di mana kami berdiskusi bersama. Membahas pekerjaan dan isu terkini. Berbagi kesulitan dari pekerjaan service motor dan generator yang kami hadapi. Merindukan saat-saat di mana saya menyampaikan progres pekerjaan service motor yang saya pegang. Selain itu, kami juga membahas isu keamanan, kesehatan, dan lingkungan (HSE) di sekitaran workshop ini.

Tidak banyak foto foto yang saya miliki selama enam bulan bekerja di tempat ini. Bekerja bersama sama dengan orang-orang yang luar biasa ini. Masih ingat hari itu, ketika saya datang dan menanyakan di mana Ruangan Batik berada dan mereka dengan ramah menjelaskan lokasinya. Hari pertama saya masuk ke workshop ini dan memulai pekerjaan saya di tempat ini. Hari pertama saya ikut bekerja cleaning, rewinding, melakukan inspection, dan juga berbicara dan menyampaikan progres pekerjaan kepada customer. Hari pertama saya mengerjakan projek saya sendiri. Hingga akhirnya, saya dipercaya untuk memegang beberapa project service di workshop ini. Dan kini kembali saya menghitung mundur. Menghitung mundur seperti dulu saya mengakhiri pekerjaan saya sebelumnya di Bandung. Menghitung mundur waktu waktu yang akan segera berakhir di workshop ini.

Motor dan Generator

Belajar dengan bekerja

Belajar dengan bekerja

Hampir enam bulan bekerja di bidang Motor dan Generator memberikan kesempatan bagi saya belajar banyak hal, khususnya mengenai pekerjaan perbaikan (service) motor dan generator. Dan kesempatan untuk belajar adalah dengan terjun langsung di dalam pekerjaan itu. Bekerja bersama-sama dengan orang yang sudah puluhan tahun melakukan pekerjaan yang sama. Learning by doing. Let my hands be dirty! 

>Dengan langsung bekerja, saya dapat mempraktekan ilmu-ilmu yang sudah saya peroleh sebelumnya di bangku kuliah. Juga dapat mengetahui teknis pekerjaan service motor dan generator, mengenai alur proses pekerjaan, material-material apa yang diperlukan, dan juga bagaimana melakukan estimasi biaya dan jadwal pekerjaan.

Belajar sesuatu yang baru

Belajar sesuatu yang baru

Aku harus akui tidak banyak pekerjaan yang bisa memberikan aku keleluasaan seperti ini. Bekerja dan belajar. Punya kesempatan untuk bangun dan mengembangkan diri. Menikmati bertukar cerita dengan banyak orang. Mungkin ini yang disebut menikmati pekerjaan. Tidak melulu karena pekerjaan tersebut sesuai passion atau keahlian kita..namun karena kita menikmati suasana pekerjaannya. Kita menikmati melakukan pekerjaan ini dan itu bersama dengan seluruh orang yang ada di dalamnya.

Kesempatan untuk belajar hal yang baru sudah ada di depan mata. DCS adalah salah satu produk unggulan dari perusahaan tempat saya bekerja. Dan background sebagai seorang GEP memberikan saya kesempatan untuk dapat belajar dan bertanya kepada siapapun. Sangat menyenangkan dapat belajar suatu hal baru: sebuah tantangan yang juga sebuah kesempatan.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.