Browse By

Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP

Ingwer Ludwig Nommensen adalah seorang tokoh yang tidak asing bagi Suku Batak. Dia adalah seorang misionaris yang berasal dari Jerman dan datang ke tanah batak pada tanggal 23 Juni 1862. Nommensen berperan penting dalam sejarah pembangunan sumber daya manusia Suku Batak.

Mengenang Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP

Dalam upayanya membangun Sumber Daya Manusia suku batak, Nomensen mengajak beberapa misionaris lainnya dan memberikan pendidikan gratis dengan mengajar putera-putri batak berbagai ilmu pengetahuan seperti membaca, menulis, berhitung dan ilmu bumi yang bersamaan dengan mengajarkan kekristenan. Dengan kerja keras tersebut berdirilah beberapa sekolah HKBP dimana putera dan puteri suku batak dapat menuntun berbagai ilmu pengetahuan.

Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP

Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP

Dengan adanya perintisan tersebut, saat ini sekolah HKBP telah berada di beberapa daerah di Indonesia, misalnya di Jambi, Duri Simpang Padang, Dumai, Rumbay Riau, Sidikalang, Sibolga, Tarutung, dan Medan.

Meski secara jumlah sekolah HKBP tidak begitu banyak di Indonesia, kehadirannya tentu memiliki dampak. Membuat masyarakat untuk mampu membaca, tulis dan hitung merupakan sumbangan yang besar bagi sebuah bangsa, terlebih pada masa perjuangan kemerdekaan maupun pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Hal ini berarti bahwa HKBP telah memberikan kontribusi dalam memberantas buta aksara bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, dengan hadirnya sekolah HKBP di beberapa daerah, dampak yang diberikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dapat lebih besar lagi.

Dengan adanya perayaan Jubileum ke-150 tahun HKBP, tentunya HKBP perlu berkarya lebih besar lagi bagi pendidikan Indonesia. Agar gerakan tersebut tepat sasaran, tentunya HKBP perlu mengetahui kondisi pendidikan Indonesia di abad ke-21 ini.

Nommensen pernah berkata “untuk membangun manusia seutuhnya, tanamlah pengajaran iman dan ilmu pengetahuan dengan baik.” Artinya anak yang beriman teguh pada Kristus dan memiliki inteletual pasti akan menjadi agen-agen yang membawa perubahan bagi bangsa. Inilah saatnya, HKBP berkaryalah dan kumandangkanlah suara kenabian!

Jubileum 150 Tahun HKBP
Selamat ulang tahun ke-150 tahun bagi HKBP.
Maju terus di dalam kasih dan persaudaraan di tengah-tengah bangsa.
Horas HKBP!

Sumber gambar : Blogspot

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.