Browse By

Sola Fide Sola Gratia Sola Scriptura

Hari ini, 31 Oktober, kita mengenang peristiwa penting dalam sejarah gereja, yakni: Hari Reformasi (Hari Pembaharuan Gereja) 31 Oktober 1517, yang dengan tegas menyerukan tiga ungkapan mendasar: “SOLA FIDE SOLA GRATIA SOLA SCRIPTURA”: Hanya oleh iman, hanya oleh anugerah, dan hanya oleh Firman Tuhan.

Sola Fide Sola Gratia Sola Scriptura

Kehidupan kita sebagai seorang manusia amat penuh dengan kelemahan. Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, kemuliaan Allah di dalam diri kita telah hilang. Artinya, kemuliaan Allah–pencipta kita–tidak ada lagi di dalam kehidupan kita. Namun, kasih Allah yang begitu besar bagi dunia ini telah membuat kita mendapatkan “kemuliaan” itu kembali oleh kematian Kristus.SOLA FIDE, hanya oleh iman. Kita diselamatkan karena iman. Iman seperti apa yang menyelamatkan? Iman kepada Yesus. Iman kepada Yesus hendaknya menjadi pegangan utama kita di dalam hidup ini. Yesuslah yang menjadi poros utama segala kejadian di dalam hidup kita. Iman kepada-Nya juga menuntut usaha dari kita. Kita harus bertarung melawan dosa dan daging yang sebelumnya mengikat kita begitu kuat.SOLA GRATIA, hanya oleh anugerah. Keselamatan yang Anda dan saya peroleh adalah sebuah anugerah. Mengapa disebutkan anugerah? Karena kita tahu pasti, kita tidak layak menerima keselamatan itu, tetapi Allah malah memberikannya. Itulah anugerah, SOLA GRATIA.

SOLA SCRIPTURA, hanya oleh Firman Tuhan. Firman Tuhan, yang kita imani adalah perkataan dan janji Allah sendiri hendaknya selalu menjadi pegangan kita. Firman Tuhan menjadi kompas atau penunjuk arah bagi kehidupan kita. Tanpa Firman Tuhan, keselamatan itu sekiranya hanyalah hadiah yang biasa-biasa saja. Firman Tuhan yang akan membuat iman kita semakin bertumbuh, berakar kuat di dalamnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.