Browse By

Minggu Momentomori HKBP Tahun Ini

Hari Minggu ini di Gereja HKBP adalah minggu Momentomori atau Minggu Parningotan di angka nang monding. Minggu peringatan untuk orang-orang yang telah meninggal. Pada tahun 2013 ini, diadakan pada hari ini tanggal 24 November 2013. Setiap tahun Minggu Momentomori ini diadakan pada minggu ketiga bulan November atau minggu terakhir sebelum Minggu Advent pertama. Di Gereja Roma Katolik, hal ini dilaksanakan pada tanggal 2 November (lih. Pdt. DR. A.A. Sitompul, Bimbingan Tata Kebaktian Gereja: Suatu studi perbandingan, BPK-GM, Jakarta, 1993, hl. 87).

Pesan Minggu Momentomori HKBP

Momentomori adalah saat di mana kita kembali merenungkan kembali mengenai hal-hal khusus yang telah terjadi di dalam hidup manusia. Hal-hal khusus ini antara lain kelahiran, kematian, pernikahan, kelahiran anak, wisuda, dan beberapa hal lain. Tadi saat berkomunikasi dengan Mama, mama menceritakan sedikit mengenai Firman Tuhan di hari Minggu Momentomori ini.

Minggu momentomori HKBP

Minggu momentomori HKBP

Minggu momentomori. Ingatlah hari kematianmu. Memperingati orang yang meninggal hari ini mengingatkan kita bahwa dunia ini bukanlah tempat menetap bagi orang-orang percaya. Kita yang percaya pasti akan memasuki sorga tempat yang kekal yang disediakan Tuhan bagi orang yang percaya.

Minggu momentomori. Ingatlah hari kematianmu. Mengingatkan kita bahwa saat inilah waktu perkenaan Tuhan. Inilah saat di mana kita harus memperbaharui diri dengan meninggalkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita tidak tahu kapan kita akan meninggal, oleh sebab itu, kita diingatkan untuk berjaga-jaga dan berdoa terus. Berdoa pula bagi keluarga, saudara-saudara, dan kerabat agar mereka mengenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Minggu momentomori. Ingatlah hari kematianmu. Mengingatkan kita untuk mempergunakan waktu yang Tuhan berikan untuk kita jalani kepada hal-hal yang berguna yang berkenan dengan kehendak Tuhan.

Inilah pesan minggu momentomori bagi kita. Kita mungkin sedih kehilangan orang yang dicintai. Namun itu tidak boleh berlarut-larut. Kita percaya bahwa mereka akan pergi ke sorga yang kekal dan mulia. Kita tidak seharusnya berlarut-larut dalam kesedihan seperti tidak ada pengharapan.

Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
(1 Tesalonika 4:13-14).

Betullah yang dikatakan dalam Kitab 1 Timotius. Iman dan kepercayaan kita kepada Yesus adalah poin penting yang membentuk pandangan hidup kita akan kematian. Orang yang tidak percaya kepada Yesus yang telah mati dan bangkit, hanya berpikir kematian adalah akhir dan tamat.

Tapi ada yang berbeda dengan orang Kristen. Iman dan kepercayaan bahwa Yesus telah mati dan bangkit membuat pandangan orang Kristen berbeda dengan orang lainnya. Hanya karena Yesus telah mati dan bangkit, maka kita yakin bahwa orang yang meninggal dalam Yesus akan dibangkitkan kembali. Hanya karena Yesus telah mati dan bangkit, maka sorga itu pasti. Hanya karena Yesus telah mati dan bangkit, maka ada pengharapan bahwa nanti kita semua akan dipersatukan dalam Kerajaan Allah.

Selamat hari Minggu! Selamat memperingati Minggu momentomori hari ini. Semoga Minggu Momentomori ini mengubahkan kita. Selalu berjaga-jaga dan berdoa hingga hari terakhir hidup kita.

Sumber : Lambang HKBP Wikipedia

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.