Browse By

Menjadi Sahabat Menurut Kristen

Persahabatan adalah salah satu karunia hidup yang terbesar, ini yang disampaikan Abang Daniel dalam artikel Persahabatan Sejati. Samuel Mulia juga menyampaikan hal senada soal persahabatan. Dalam rubrik Parodi berjudul Persaudaraan di Kompas Minggu tanggal 24 Mei yang lalu menyatakan, “Persahabatan itu bukan dibentuk oleh sebuah persyaratan, bukan karena cocok atau tidak cocok semata, tetapi dikaruniakan Tuhan kepada Anda.”

Pertanyaannya kini sekarang, apa yang membedakan persahabatan Kristen dengan persahabatan yang lainnya? Adakah persahabatan Kristen memiliki nilai khusus? Apa yang disampaikan Alkitab mengenai persahabatan Kristen?

Menjadi Sahabat Menurut Kristen

Menjadi sahabat menurut Kristen

Menjadi sahabat menurut Kristen

Roma 15:2 membantu kita memahami esensi dari persahabatan Kristen. “Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya.” Untuk menjadi seorang sahabat yang baik, kita mesti mencari kesenangan sesama kita! Mencari bisa juga berarti mendahulukan kepentingan sesama, melayani dengan kasih, dan kadang bisa mengorbankan kesenangan pribadi. Namun semuanya bukan tanpa tujuan dan asal dikerjakan saja, namun bertujuan membangun kepribadian dan kehidupan mereka masing-masing.

Mengorbankan kesenangan sendiri untuk mencari kesenangan bagi sesama. Suatu hal yang tidak mudah. Tapi bayangkan ketika Yesus mengorbankan diri-Nya, meninggalkan sorga dan berpisah dengan Bapa untuk datang ke dunia. Bayangkan ketika Yesus mengenakan kain, lalu membasuh kaki murid-murid-Nya satu per satu, berkorban dan bersikap seperti seorang pelayan! Bayangkan ketika Yesus dikhianati oleh murid-Nya sendiri. Bayangkan ketika Yesus berdoa di Taman Getsemani, dipukul dan dicambuk, hingga mati di salib. Yesus telah menjadi sahabat kita yang sejati! Yesus berkorban luar biasa bagi kita semua, sahabat-sahabatnya!

Pengorbanan inilah esensi sekaligus tujuan persahabatan Kristen. Bukan persahabatan sekedar sering bertemu dan saling menyapa. Bukan persahabatan berlandaskan kepentingan atau kegemaran tertentu. Persahabatan Kristen adalah kerelaan untuk berkorban diri bagi kesenangan sesama, bahkan ketika mereka tidak melihat dan tidak tahu pengorbanan yang telah kita lakukan.

Selamat menjadi sahabat sejati!

Sumber gambar: www.truthforlife.org

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.