Browse By

Karena Ia tetap mengikuti TUHAN

“Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel dengan sepenuh hati.” (Yosua 14:13-14)

Dunia sekarang ini amat perlu orang-orang yang mau melakukan sesuatu dengan sepenuh hati. Sepenuh hati berarti mau memberi yang terbaik, mau berusaha maksimal, dan mau mementingkan kepentingan bersama dibanding diri sendiri. Namun, dengan perkembangan dunia sekarang ini, orang lebih cenderung melakukan sesuatu apa adanya, atau sebisanya saja, bukan dengan sepenuh hati. Orang-orang seperti inilah yang memiliki kecenderungan untuk gagal, dibandingkan kesuksesan yang siap dinanti bagi orang-orang sepenuh hati.

Alkitab memberikan contoh mengenai orang yang mau melakukan sesuatu dengan segenap hati. Dalam hal ini, lebih-lebih, karena Kaleb mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati. Sungguh menakjubkan! Diantara ratusan ribu Bangsa Israel yang seringkali tegar tengkuk dalam mengikut Allah, Kaleb muncul, dan mau tampil beda. Ia mau mengikut Tuhan, setia, bahkan dengan sepenuh hati.

walking with god

Karena Ia tetap mengikuti TUHAN

Kalau saya berada di dalam posisi Kaleb, mungkin saya akan merasa minder, takut dibilang sok suci lah, dan bahkan dijauhi oleh keluarga sendiri. Saya pasti akan terbawa arus, untuk menjadi orang yang tegar tengkuk seperti yang dilakukan oleh Bangsa Israel. Namun, inilah sisi istimewa Kaleb. Ia mau menghadapi semua tantangan, yang penting baginya adalah, mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati.

Dapat kita lihat, kehidupan orang yang mau mengikuti Tuhan dengan segenap hati. Berkat Tuhan akan selalu mengalir di dalam hidupnya, bahkan sampai ke keturunannya. Kaleb memperoleh bagian tanah Hebron yang diberikan oleh Allah melalui Yosua, sebagai ganti kesetiaannya dalam mengikuti Tuhan.

Sudah selayaknya, kita sebagai orang percaya untuk mau menjadi seperti Kaleb. Sebuah contoh yang amat menarik mengenai mengikuti Tuhan dengan segenap hati. Lebih dari itu, kalau kita mau mengikuti Tuhan dengan segenap hati, Tuhan juga akan memampukan kita melakukan apapun-sekali lagi apapun- dengan segenap hati pula. Niscaya, berkat Tuhan akan terus mengalir di dalam kehidupan kita.

sumber gambar: life-is-like-this.blogspot.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.