Browse By

Indonesia Negara Superpower Ekonomi (2)

Saya yakin, Indonesia punya modal besar untuk menjadi negara superpower ekonomi. Modal itu adalah jumlah penduduk terbanyak nomor 4 di dunia, sumber daya alam yang melimpah ruah, serta luas wilayah negara nomor 15 dunia. Ini bukanlah hal yang baru, karena sudah jauh-jauh sebelumnya Indonesia sudah memiliki semuanya ini.

Namun semua kelimpahan sumber daya alam dan sumber daya manusia ini redup karena banyak permasalahan. Ada revolusi pemerintahan, perang dan kekerasan antar golongan, teroris, gempa tsunami dan bencana alam lainnya yang sempat menenggelamkan Indonesia dari kancah ekonomi di dunia. Negara menjadi stagnan dan tidak bergerak dalam tiap bidang, tingkat pengangguran pun melejit. Waktu itu Indonesia adalah negara “kacau dan stagnan”. Namun perlahan-lahan Indonesia mulai bangkit dan keluar dari sejarah yang kelam.

Tantangan Indonesia Menjadi Negara Superpower Ekonomi

Apa yang membuat Indonesia bisa bangkit dan keluar dari sejarah yang kelam itu? Jawabannya adalah stabilitas pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi.

Indonesia Negara Superpower Ekonomi

Indonesia Negara Superpower Ekonomi

Indonesia selain mempunyai sumber daya manusia yang melimpah ruah, banyak juga orang Indonesia yang ada di usia produksi. Keadaan ini akan terus berlanjut 40 sampai 50 tahun ke depan. Berbeda dengan Jepang yang kini penduduknya sudah “menua” sehingga orang di usia produktif semakin sedikit. Berbeda juga dengan Cina yang kini membatasi jumlah anak yang kelak bisa membawa dampak buruk sendiri. Berbeda juga dengan India, negara yang hendak maju namun dibatasi oleh sistem kasta dalam masyarakat. Rakyat Indonesia pada dasarnya bebas dan bisa mandiri. Kesempatan rakyat Indonesia untuk maju dan berkarya terbuka lebar tanpa dibatasi oleh sistem-sistem dalam masyarakat.

Sejak tahun 2004 Pemerintahan Indonesia juga bisa dikatakan stabil. Walaupun ada sedikit demo dan aksi menentang pemerintah, namun bisa dikatakan masyarakat pada umumnya percaya dan setia pada pemerintahan. Hak-hak masyarakat juga betul-betul dihargai dan dijunjung tinggi. Masyarakat juga bisa memilih langsung pemimpin, dari tingkat propinsi hingga presiden. Kebebasan warga negara benar-benar diapresiasi oleh Pemerintah. Ini juga yang membuat pemerintahan semakin maju dan stabil, dibandingkan dengan saat revolusi pada tahun 1998.

Kedepannya, saya sendiri yakin Indonesia masih bisa merentangkan sayapnya semakin luas. Semuanya bisa terwujud apabila stabilitas pemerintahan dan ekonomi bisa dipertahankan. Tindakan kotor seperti korupsi dalam tubuh pemerintahan dibasmi tuntas, kemudian mengembangkan jiwa-jiwa wirausaha rakyat Indonesia. Hanya dengan itulah ekonomi bisa terus tumbuh. Bersama-sama kita maju dan berjuang, membangun Indonesia, Negara Superpower Ekonomi.

Sumber Gambar : BlogSpot

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.