Browse By

Kapal Nippon Maru di Yokohama

Setelah beristirahat, kami mulai perjalanan kami menyusuri objek-objek wisata di daerah pelabuhan Yokohama. Dari Queens Square kami menyeberangi jalan ke pinggir pantai menuju ke pelabuhan Yokohama. Kami menyeberangi jembatan menuju ke Yokohama Port Museum.  Di artikel ini saya akan berkisah tentang perjalanan kami melihat Kapal Nippon Maru di Yokohama Port Museum. Selamat membaca.

Kapal Nippon Maru: Ikon Yokohama Port Museum

Museum ini bertujuan memberikan informasi mengenai sejarah, operasional, dan fungsi dari Pelabuhan Yokohama. Ikon dari museum ini adalah sebuah kapal layar yang bersandar di teluk buatan antara jalan dan museum. Nama kapal itu adalah Nippon Maru, sebuah kapal yang penuh dengan sejarah bagi Pelabuhan Yokohama sekaligus Kota Yokohama. Menurut informasi yang didapatkan, sejak dibuat tahun 1930 sebagai kapal latihan, kapal Nippon Maru sudah menjadi tempat latihan bagi 12000 awak kapal yang belajar cara berlayar dan fungsi-fungsi dasar pelayaran. Jarak yang ditempuh Nippon Maru sampai tahun 1984 (54 tahun beroperasi) adalah 2 juta kilometer atau 45,5 kali mengelilingi bumi.

Karena nilai sejarahnya, maka Pemerintah Kota Yokohama memberikannya lahan di Minatomirai menjadi sebuah Yokohama Port Museum. Kini, kapal tersebut dibuka bebas bagi para pengunjung yang ingin mengetahui sejarahnya, bagian kemudi dan mesin kapal, ataupun yang ingin merasakan hidup di dalam kapal. Museum ini mempertahankan bentuk asli Nippon Maru, termasuk lantai kayu di deknya, tali-tali pengikat layar kapal, juga rantai-rantai jangkarnya. Saat memandangnya dari atap museum ini, kapal ini terlihat masih baik kondisinya, padahal usianya sudah hampir 80 tahun. Kami sempat berfoto bersama di depan kapal tersebut. Sungguh indah dan pengalaman tak terlupakan bagi saya.

Bentar, dari atap museum? Beneran berjalan di atas atap? Oiya, saya lupa menceritakannya. Selepas menyeberangi jembatan dari Queens Square, kami berjalan di taman landai menghadap ke Teluk Tokyo. Ya, taman ini adalah atap dari Yokohama Port Museum, lengkap dengan kursi-kursi yang menghadap langsung ke arah laut. Di situ kami beristirahat sambil memakan roti yang tadi dibawa dan menikmati hembusan angin dan pemandangan indah di depan mata. Sungguh luar biasa rancangan museum ini.

Bahan Bacaan:

Tentang Yokohama Port Museum : www.yokohamajapan.com
Tentang Nippon Maru – Ikon Yokohama Port Museum : www.nippon-maru.or.j

Sumber gambar : Facebook 1, 2, 3, 4, 5

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.