Browse By

Pendidikan Orang Muda

Banyak yang berkata bahwa dalam mempelajari sesuatu, orang muda akan lebih cepat memahami dan mengerti dibandingkan dengan orang tua. Dari segi psikologi, bagi orang tua, banyak hal yang mesti dipikirkan, dilakukan, dan direncanakan. Sebaliknya orang muda, masih sedikit yang dipikirkan, karena dirinya masih tergantung kepada orang tua. Dari segi jasmani juga sangat berbeda. Kemampuan orang tua dalam berpikir, bergerak, dan melakukan aktifitas juga pasti sudah sangat jauh berbda bila dibandingkan dengan orang muda. Orang muda cepat dalam berpikir, enerjik, dan dapat dengan segera melakukan aksi nyata. Intinya, pendidikan orang muda adalah hal yang tidak boleh disepelekan.

Pentingnya Pendidikan Orang Muda

Pendidikan orang muda

Pentingnya pendidikan orang muda

Salomo juga menyadari pentingnya pendidikan orang muda. Orang harus dididik dalam kebenaran sejak muda agar nantinya jalannya tetap dalam kebenaran, tidak menyimpang karena terpengaruh dari lingkungan sekitarnya. Ya, kalau tidak dididik dengan benar, orang muda hanya akan menggunakan segala potensi¬† yang ada di dalam tubuhnya untuk tindakan yang tidak baik, bahkan bertentangan dengan perintah Tuhan. Mereka malah nantinya berlaku licik, curang, dan merugikan orang lain. Oleh karena itu, Salomo menuliskan ayat ini dalam Amsal 22:6, “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalannya itu.

Ya, kalau sejak muda kita sudah dididik dan berada dalam jalan kebenaran yaitu sesuai dengan perintah Allah, nantinya samapai masa tua pun kita akan tetap ada dalam jalan Tuhan. Sebaliknya, kalau pendidikan itu dianggap tidak penting dan disepelekan, mungkin akan salah jalan dan malah berjalan dalam dosa. Jadi, selagi masih muda, sadarilah pentingnya pendidikan sesuai Firman Tuhan. Orang muda mau membaca Firman Tuhan, pergi ke gereja dan persekutuan untuk beribadah pada Tuhan, dan senantiasa punya waktu berdoa pada Tuhan. Kalau kita setia melakukan ini, saya yakin, sampai tua pun kita akan tetap berada dalam Tuhan. Semua tindakan yang dilakukan sesuai dengan Firman Tuhan dan kita tetap berjalan dalam rencana-Nya.

Sumber Gambar : www.us.123rf.com

Recommended for you

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.