Browse By

Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul 4:12).

Apa yang menjadikan kekristenan berbeda dengan agama lain di dunia? Apakah karena Kristen punya klaim “kebenaran”? Saya pikir tidak. Setiap agama di dunia, baik Budha, Hindu, Yahudi, dan Islam juga mengklaim kebenaran dalam agamanya. Namun klaim “kebenaran” itu berbeda satu dengan yang lainnya. Agama-agama di dunia juga berbeda dalam hal lainnya. Misalnya saja, semua agama menyembah pribadi ‘Allah’ yang berbeda, masing-masing memiliki kitab sucinya sendiri, dan masing-masing agama punya pandangan sendiri mengenai keselamatan.

Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya

Dalam beberapa forum di Internet saya menemukan sebagian orang yang berpikir bahwa semua agama adalah sama, semua agama itu benar. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, apakah benar semua agama itu benar? Saya pikir tidak. Alasannya, misalnya agama satu menyatakan bahwa Yesus dari Nazaret adalah Mesias, tapi agama yang lain tidak. Karena Yesus tidak mungkin Mesias dan bukan Mesias, maka salah satu dari agama itu pasti salah bukan?

Jadi untuk belajar, mengenal dan mengetahui mana agama yang benar, kita harus berpikir luas dan terbuka. Melihat seluk-beluk, inti ajaran masing-masing agama, dan membandingkannya satu sama lain. Dalam beberapa artikel ke depan saya akan membahas mengenai keunikan iman Kristen dan mencoba membandingkannya dengan agama lainnya di dunia. Dan pada akhirnya, kita akan dapat sampai pada satu kesimpulan tentang kebenaran agama.

Artikel dalam tema yang sama:
1. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya
2. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Dasar Iman
3. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Siapakah Yesus?
4. Dampak Yesus dalam Sejarah Dunia
5. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Pokok Iman
6. Asal Mula Kristen dengan Agama Lainnya
7. Kekristenan Adalah Kristus itu Sendiri

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.