Artikel ke 2 dari 7 artikel dalam seri Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya
Share!

Pada artikel kali ini, kita akan coba belajar mengenal dasar iman Kristen yang seluruhnya tergantung pada satu Pribadi, yakni Yesus Kristus.

Setiap agama selalu didasarkan pada ajaran atau filosofi penemunya. Tapi tidak dengan Kekristenan. Dasar Iman Kristen tidak hanya berdasarkan ajaran Yesus saja, tapi berdasar pada Pribadi Yesus Kristus sendiri.

Dasar Iman Kristen

Lupakan Yesus, maka tidak ada yang tersisa dalam dasar iman Kristen. Sebab keseluruhan dasar iman Kristen berdasarkan pada hidup Yesus yang ajaib, mulai dari kelahiran, kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya ke surga. Dasar Iman Kristen juga percaya bahwa Yesus tetap bekerja dan di antara manusia, dan kelak Dia akan datang untuk kedua kalinya dari surga.

Bandingkan dengan agama Budha. Agama Budha tidak berdasarkan hidup dan matinya Budha. Agama Budha hanya berdasarkan ajaran Budha. Meskipun Budha dilupakan, agama Budha tetap ada dan eksis.

Begitu juga dengan Islam dan Muhammad. Islam dibangun atas ajaran-ajaran Muhammad. Sama juga dengan Agama Konfusius yang berdasarkan ajaran Confusius. Hanya agama Kristen yang tidak berbasis pada ajaran Yesus, namun pada Yesus Kristus sendiri.

Karena agama lain berdasarkan pada ajaran manusia, agama itu pasti mungkin salah. Sebab, dasar agama itu sendiri pada ajaran manusia yang terbatas dan mungkin salah, makanya agama itu pasti mungkin salah.

Coba bandingkan dengan iman Kristen. Kristen mempercayai Yesus Kristus dan menjadikan-Nya dasar. Karena Yesus berkata bahwa diri-Nya adalah kebenaran (Yohanes 14:6), maka Dia pasti benar dan tidak mungkin salah. Dengan kata lain, iman Kristen tidak mungkin salah.

Artikel dalam tema yang sama:
1. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya
2. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Dasar Iman
3. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Siapakah Yesus?
4. Dampak Yesus dalam Sejarah Dunia
5. Perbedaan Kristen dengan Agama Lainnya–Pokok Iman
6. Asal Mula Kristen dengan Agama Lainnya
7. Kekristenan Adalah Kristus itu Sendiri