Browse By

Mengikut Tuhan Yesus

Banyak orang yang sering berpikir mengikut Tuhan Yesus itu adalah hal yang sulit. Sulit karena banyak yang harus dikerjakan. Sulit karena harus menaati seluruh perintah Tuhan. Inilah beberapa pendapat yang saya dapatkan, saat bercengkrama dengan beberapa teman di gereja, yaitu para peserta magang (kenshuusei). Memang sulit sih, tapi pernahkah teman-teman berpikir betapa berharganya saya di mata Allah, sehingga Dia memilih saya menjadi murid-Nya? Bagaimana saya dapat mengikut Tuhan Yesus?

Mari mengikut Tuhan Yesus

Mari mengikut Tuhan Yesus

Mengikut Tuhan Yesus

Ya, kata dipilih atau terpilih adalah kata yang sungguh luar biasa bagi manusia. Kita dipilih Allah menjadi umat dan murid-Nya. Kita dipilih Allah dan ditebus dari dosa menuju kehidupan kekal oleh kematian Tuhan Yesus.

Saya jadi teringat mengenai kisah bagaimana Yesus memilih murid-muridnya yang pertama, yang terdapat di Matius 4: 18-22. Perlu diketahui bahwa pada masa Perjanjian Baru, anak laki-laki Yahudi akan menghadiri sekolah-sekolah para rabi sampai berusia 13 tahun. Lalu, hanya yang terbaik dan tercemerlanglah yang akan dipilih menjadi pengikut rabi setempat. Sekumpulan kecil murid yang terpilih ini akan mengikuti kemanapun sang rabi pergi dan makan apapun yang ia makan. Intinya mereka menjalani hidup meneladi sang rabi. Sebaliknya mereka yang tidak terpilih akan membuka usaha perdagangan, menjadi tukang kayu, peternak domba, atau nelayan.

Orang-orang seperti Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes bukanlah murid pilihan. Oleh karena itu, alih-alih mengikuti rabi setempat, mereka menjadi nelayan, melanjutkan usaha keluarga. Menarik sekali bahwa Yesus malah mencari para pria yang telah ditolak oleh rabi setempat. Yesus tidak memilih murid yang terbaik dan tercemerlang, Yesus malah menawarkan undangan-Nya, “Ikutlah Aku.” kepada para nelayan yang tidak istimewa ini. Sungguh suatu kehormatan yang luar biasa! Mereka menjadi pengikut Rabi yang terbaik.

Yesus juga memberikan kehormatan yang sama bagi kamu dan saya, bukan karena kita yang terbaik atau tercemerlang, tapi karena Dia memang telah memilih kita untuk meneladani hidup-Nya dan menjangkau banyak orang dengan kasih demi nama Tuhan Yesus. Jadi ikutlah Yesus! Mari mengikut Tuhan Yesus!

Ikut Dikau saja Tuhan,
jalan damai bagiku
Aku s’lamat dan sentosa
hanya oleh darahMu.

Aku ingin ikut Dikau
dan mengabdi padaMu
dalam Dikau, Jurus’lamat
‘ku bahagia penuh!

sumber gambar: blogspot

3 thoughts on “Mengikut Tuhan Yesus”

  1. Beton says:

    BERAPA jumlah BENDEL buku buku yang ada didalam BIBLE ?

    Jawaban tepat atas pertanyaan ini tergantung pada yang satu menganggap Alkitab.

    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)

    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku )
    ..
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)

    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)

    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia “Canon Sempit” memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia “Canon luas” termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)

    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)

    More than 50 versions ( defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations ) of the Bible world wide, Ada lebih dari 50 VERSI bible dalam bahasa inggris saja ( berbeda isi dan jumlah buku buku didalamnya ) dan diterjemahkan lebih dari 1000 macam bahasa serta dialek diseluruh dunia ( TERJEMAH )
    X` (http://www.users.ms11.net/~dejnarde/english_bible_translation.htm )
    http://wiki.answers.com/Q/How_many_books_are_there_in_the_Bible

  2. bETON says:

    Tolong tunjukkan mana ayatnya dalam Bible yang Yesus mengatakan secara explicite : Aku adalah anak tuhan dan Tuhan itu sendiri …… dan sembahlah AKU !

    1. Nugroho Sihombing says:

      Dalam Yohanes 10:30, Yesus berkata bahwa “Aku [Yesus] dan Bapa [Allah] adalah satu.” Saat itu orang-orang Yahudi langsung mengambil batu untuk melempari Yesus, mereka mau membunuh Yesus! Tahu kenapa orang Yahudi mau melempari Yesus batu? “Karena Engkau,” kata mereka, “menghujat Allah dan sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah” (Yohanes 10:33).

      Dulu saat orang Yahudi mendengar kata Yesus ini saja mereka langsung paham. Paham ketika Yesus menyatakan diri-Nya dan Allah adalah satu, Yesus sedang berkata Dia adalah Allah. Dan Allah adalah Yesus. Dulu saja orang Yahudi aja langsung paham, tapi kenapa banyak orang sekarang masih menyangkal?

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.