Browse By

Ulang Tahun Website yang Keempat

Tahun 2013, tahun ketiga ulang tahun website danielnugroho.com menjadi tahun yang sangat berharga dan berkenang. Ada banyak perubahan dan perbaikan dari segi tampilan, struktur, sistem, pengamanan, dan pemodelan website. Nah, di bulan April 2014, yang merupakan ulang tahun website yang keempat ini, saya ingin membagikan pengalaman bagaimana bermigrasi atau pindah ke sistem website yang baru. Semoga bisa menjadi bahan masukan kala teman-teman ingin membuat website.

Berikut adalah sedikit informasi mengenai perubahan dalam website danielnugroho.com

  1. 1 April 2010 www.renungankristen.blogspot.com (registrasi awal blog)
  2. pertengahan Agustus 2010 www.ourstoryingod.blogspot.com (migrasi ke sesama sub domain)
  3. 6 September 2012 www.danielnugroho.com (migrasi ke custom domain)

Kisah Dibalik Ulang Tahun Website yang Keempat

Saya masih ingat betul hari itu tanggal 3 April ketika saya pertama kali membaca mengenai style baru halaman website di salah satu website yang menyediakan tips dan trik mengelola website BlogSpot. Malam itu sambil menonton televisi, awalnya saya hanya membaca mengenai desain website dengan memperhatikan tipografi dan bagaimana cara membuatnya. Namun, semakin saya membacanya, saya semakin merasa tertantang dan ingin mengubah bentuk dan tampilan website danielnugroho.com yang sudah ada. Jadilah malam itu saya membaca isi website itu, memperhatikan seluruh penjelasan tips dan triknya, lalu menyelami seluruh kode pemprograman. Malam itu saya tidur hingga larut malam karena membaca artikel terus-menerus.

Paginya tanggal 4 April, dalam suasana rumah yang baru, saya mulai menyelami dan mengobrak-abrik seluruh isi dan kode website yang sudah mapan. Saya coba hapus kode di sini dan lihat hasilnya. Ganti kode di sebelah sana dan melihat perubahannya. Satu per satu kode dan komentar saya tambahkan hingga akhirnya saya bisa memahami struktur dan bentuk halaman website. Semakin saya mengerti, saya makin mencoba lebih lagi. Hingga akhirnya saya bisa menyelesaikan tampilan website yang baru pada keesokan hari tanggal 5 April. Mengenai petunjuk lengkapnya bisa dibaca pada artikel berikut.

Enam bulan berselang sejak transformasi ke halaman web yang baru. Dalam enam bulan saya dan Abang tetap menulis artikel-artikel dalam blog. Abang menulis tentang pengalaman kerja praktek di PLN dan kunjungan ke Nusa Penida di Bali. Sedangkan saya menulis pengalaman tentang kerja praktek menjadi sensei di salah satu sekolah teknik di Prefektur Saga, Kyushu, Jepang.

Ulang Tahun Website yang Keempat

Ulang Tahun Website yang Keempat

Seiring bertambahnya artikel dalam website, jumlah pengunjung pun makin meningkat. Saya bisa mengecek jumlah pengunjung dari direct link (link langsung ke halaman website) terus meningkat seiring bertambahnya jumlah pembaca yang berlangganan. Namun di lain sisi, jumlah pengunjung dari referral (link tidak langsung: misalnya dari web search) terus menurun jumlahnya. Saya mencoba mencari apa penyebabnya melalui artikel di internet. Dan pada akhirnya saya mengetahui bahwa penyebab terus turunnya pengunjung dari web search, penyebabnya adalah karena website tidak diutamakan di situs pencari. Dengan kata lain, ketika orang mencari sebuah website dengan sebuah kata kunci tertentu, website danielnugroho.com tidak berada di halaman utama, melainkan jauh di halaman belakang hasil pencarian. Inilah yang menyebabkan kecilnya jumlah pengunjung yang mengklik nama website danielnugroho.com.

Yang Didapat Kala Ulang Tahun Website yang Keempat

Lebih jauh saya cari mengenai penyebabnya, saya menemukan sebuah fakta baru. Semakin berat isi website, makin lama isinya bisa dibuka, maka posisi di situs pencari makin jauh ke bawah. Inilah salah satu kunci popularitas website, yang sering disebut search engine optimization (SEO). Tentu masih ada banyak faktor yang lain, namun saya pikir ini mungkin salah satu faktor kunci yang menyebabkan turunnya pengunjung.

Website yang menjadi berat. Saya pikir betul website danielnugroho.com makin bertambah berat. Selain lebih dari 1000 artikel yang telah tersimpan, masih banyak juga gambar-gambar dan ilustrasi, serta kode dan skrip lainnya yang semakin menambah berat website. Saya mencoba mengukur “berat” website kala itu, dan mendapatkan hasil evaluasi 50%. Artinya masih ada 50% lainnya yang belum maksimal dan inilah yang menambah beban website.

Bagaimana cara mengurangi beban website? Inilah yang menjadi pikiran saya selama bulan Agustus 2013. Selepas kembali dari kerja praktek dan menyelesaikan laporan pertanggungjawaban, saya terus mencari jawaban persoalan ini. Saya kembali berseluncur di Internet dan mencari pemecahan masalah ini. Itu karena website danielnugroho.com menggunakan sistem managemen website (Content Management System) Blogspot dari Google. Hampir tidak ada celah lain lagi bagaimana cara mengurangi beban website atau mempercepat loading website. Berkali-kali saya begadang mencari solusinya, namun titik terang itu tidak muncul-muncul.

Tapi rupanya Tuhan tidak tinggal diam. Di tengah kesulitan dan masalah yang saya hadapi, Tuhan mulai menunjukkan jalan keluarnya. Jalan keluar yang tidak pernah saya duga sebelumnya: memindahkan website dari BlogSpot ke WordPress. Jalan keluar yang tidak hanya membuat website berubah tampilannya jadi makin menarik, namun juga menjadi makin cepat, mudah dilihat, dan aman. Bagaimana kisah saya menemukan jalan keluarnya? Simak terus kisahnya dalam Kisah Seri Ulang Tahun Website yang Keempat selanjutnya.

Sumber Gambar : pexels.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.