Browse By

Setahun Menggunakan Hostgator

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, kami melakukan migrasi dari web hosting blogger ke wordpress self hosting pada bulan September 2013. Migrasi ke wordpress self hosting berarti harus mempersiapkan web hosting sendiri. Khusus mengenai web hosting ini, kami tidak mau terburu-buru dalam memilih dan mencoba mencari informasi detail mengenai web hosting yang ada. Setelah kurang lebih seminggu bergelut dan mencari informasi, membaca review orang-orang di internet, kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan web hosting HostGator. Dan kini sudah lebih dari setahun menggunakan HostGator, kami betul-betul merasa terbantu sekali dengan layanan yang diberikan HostGator. Berikut adalah review untuk layanan Hostgator.

Review Setahun Menggunakan Hostgator

Untuk website ini kami menggunakan layanan Shared Server Baby Plan. Mengapa kami memilih plan ini, ada tiga alasannya. Pertama, karena masih pemula dan kunjungan ke website belum terlalu banyak, maka dipilih plan yang paling dasar dan minim. Kedua, karena masih sedang belajar, mencoba-coba mengenai website dan pengaturan server, maka kami memilih server dengan harga yang paling murah. Ketiga, supaya dalam satu akun server bisa memuat beberapa website secara bersamaan.

HostGator menyediakan layanan-layanan awal yang dibutuhkan oleh para pemula dengan harga murah. Dengan harga $3.96 atau sekitar 42 ribu rupiah per bulan, teman-teman sudah bisa membuat website pribadi. Layanan ini juga memberikan bandwith (akses internet), disk space (memori penyimpanan), sub domain (domain samping) yang tidak terbatas. Di samping itu ada juga kumpulan video-video dan artikel-artikel yang bisa membantu kita memahami seluk-beluk web hosting. Sewaktu memulai pengaturan server, saya sendiri sangat terbantu dengan adanya layanan-layanan ini. Tidak hanya itu, HostGator juga memberikan layanan migrasi dari Web Hosting lain secara gratis. Ini tentunya sangat membantu kita yang migrasi dari web hosting lain ke HostGator. Proses migrasi hanya memakan waktu paling banyak 24 jam, dan selama itu website juga tetap bisa diakses. Jadi tidak perlu kuatir ketika hendak melakukan migrasi ke HostGator.

Review setahun menggunakan Hostgator

Review setahun menggunakan Hostgator

Penjelasan diatas adalah penjelasan dasar mengenai plan dasar shared hosting dari Hostgator. Website danielnugroho.com sendiri menggunakan Shared Server plan medium, yang harganya $4.134 atau sekitar 50 ribu perbulan (mendapat potongan 35% dari harga semula $6.36). Setahun menggunakan Hostgator, berikut adalah beberapa review setelah setahun menggunakan Hostgator yang bisa saya berikan.

  1. Meskipun harganya relatif murah dibandingkan layanan serupa yang bisa mencapai 300 ribu perbulan, server bisa tahan hingga 12 ribu kunjungan perbulan. Kunjungan ke website terus naik sekitar 15% setiap bulannya.
  2. Akses halaman utama dan file di server sangat cepat dibanding layanan lain yang mungkin lebih mahal.
  3. Bandwith-nya pun cukup meski tiap bulan memakan sekitar 5GB.
  4. Tingkat keamanan yang tinggi dari sisi penyedia layanan server. Backup pun mudah dilakukan.
  5. Ketika pertama kali melakukan pengaturan server, saya sempat berulang kali gagal sehingga website menjadi tidak tampil. Namun dengan panduan video yang disediakan, serta layanan tanya jawab melalui email, website bisa kembali pulih seperti semula.
  6. Secara keseluruhan server untuk danielnugroho.com kuat dan selalu uptime. Meskipun server pernah down karena update dan maintenance, namun jumlahnya bisa dihitung jari.
  7. Tersedia layanan cPanel yang mudah untuk mengelola dan melihat indeks website. Dengan cPanel kita dapat dengan mudah menginstal WordPress, membuat alamat email, menambah domain, mengatur database, dan melihat rincian kunjungan ke website secara detail.

Sumber gambar : hostgatorcouponoffers.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.