Browse By

Belajar Firman Tuhan

3. Menggali Firman Tuhan

Ezra 7:10

Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.

Kisah Para Rasul 17:11

Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

2 Timotius 4:13

Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.

Manfaat rohani terbesar dalam disiplin ini bisa didapatkan dari menggali kebenaran Firman Tuhan. Namun untuk itu dibutuhkan waktu dan usaha kerja keras. Selain itu dibutuhkan juga kesabaran untuk menikmati hasilnya. Kendala utamanya adalah kita sering ingin cepat-cepat melihat hasilnya, sehingga latihan ini malah berhenti di tengah jalan dan malas untuk melakukannya lagi.

4. Menghafal Firman Tuhan

Mazmur 119:11

Ajaran-Mu kusimpan dalam hatiku, supaya aku jangan berdosa terhadap-Mu.

Efesus 6:17

….dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,

Sejak sekolah minggu saya sudah terbiasa untuk menghafalkan ayat. Ayat diberikan pada minggu ini, dan harus dihafal hingga minggu depan. Nampaknya sepele, tapi ada banyak manfaat dalam menghafal Firman Tuhan. Misalnya menyimpan kekuatan rohani untuk waktu-waktu darurat, memperkuat iman, menjadi alat yang Tuhan pakai untuk membimbing kita, menstimulasi untuk terus berpikir dan merenungkan Firman Tuhan.

5. Merenungkan Firman Tuhan

Yosua 1:8

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Yeremia 23:29

Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?

Salah satu cara untuk merenungkan Firman Tuhan adalah dengan mengkonsentrasikan pikiran untuk memikirkan kebenaran-kebenaran yang diungkapkan dalam Alkitab. Itu dilakukan supaya kita mengerti sungguh-sungguh, mendoakan, dan dapat mengaplikasikan kebenaran dalam Alkitab. Untuk dapat merenungkan Firman Tuhan dengan baik, pikiran kita harus jernih dan penuh dengan pikiran Kristus.

6. Mempelajari Firman Tuhan

1 Timotius 3:16

Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.”

Lukas 24:27

Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

2 Timotius 2:16-19

Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan. Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker. Di antara mereka termasuk Himeneus dan Filetus, yang telah menyimpang dari kebenaran dengan mengajarkan bahwa kebangkitan kita telah berlangsung dan dengan demikian merusak iman sebagian orang tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: “Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya” dan “Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”

Belajar Firman Tuhan dengan bertanggung jawab membutuhkan pengetahuan tentang teori menafsir dan buku-buku penuntun dan penunjang.

Akhirnya selamat belajar Firman Tuhan. Tuhan memberkati teman-teman!

Sumber Gambar : BlogSpot

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

One thought on “Belajar Firman Tuhan”

  1. patrick says:

    artikel yang sangat diberkati. GBU

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.