Share!
Belajar Firman Tuhan

Belajar Firman Tuhan

Sama seperti kita belajar di sekolah dan rumah untuk bisa mendapatkan pengetahuan, belajar Firman Tuhan juga adalah cara mendapatkan pengetahuan tentang Kristus dan Allah. Seorang penulis mengatakan, tidak ada latihan rohani yang lebih penting, daripada latihan utnuk belajar Firman Tuhan. Belajar Firman Tuhan akan menjadi makanan rohani yang membuat kita bertumbuh dengan baik. Sebagaimana makanan jasmani, makanan rohani setiap hari adalah syarat minimum untuk seorang Kristen dapat hidup sehat dan kuat secara rohani. Melalui pengajaran akan Firman Tuhan, kita dapat mengetahui “Siapakah Tuhan”, “Apakah rencana-Nya dan kehendak-Nya”, dan “Bagaimana kita seharusnya hidup sebagai anak-anak Allah”.

Bagaimana cara melakukan latihan belajar Firman Tuhan? Ada beberapa macam latihan yang bisa kita lakukan secara bervariasi atau bergantian.

Melakukan latihan belajar Firman Tuhan

1. Mendengarkan Firman Tuhan.

Lukas 11:28

Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Roma 11:7

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

1 Timotius 4:13

Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.

Ini adalah latihan yang paling mudah dilakukan. Dikatakan sebagai disiplin karena harus dilakukan dengan segaja dan teratur, tidak bisa hanya kebetulan saja. Mendengarkan Firman Tuhan tidak hanya dilakukan secara bersama-sama di Gereja sambil mendengarkan khotbah, tetapi juga ketika berada di rumah. Tujuannya adalah supaya membiasakan diri mendengar suara Tuhan.

2. Membaca Firman Tuhan

2 Timotius 3:16-17

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Wahyu 1:3

Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Kalau kita ingin agar sifat dan karakter kedagingan kita diubah dan dikoreksi oleh Tuhan, maka kita harus membaca Firman Tuhan dalam konteks keseluruhan Firman Tuhan. Membaca Alkitab dari awal sampai akhir secara berurutan adalah cara yang paling efektif. Syaratnya, kita harus bisa melawan kendala utama, yaitu rasa malas, tidak disiplin atau kurang motivasi.

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2