Browse By

Waktu Menurut Fisika Kuantum

Secara umum fisika klasik adalah hukum-hukum fisika dasar yang disusun oleh Isaac Newton dan Maxwell. Kalau Isaac Newton mengkaji gerak, mekanika, gravitasi dan optika, Mawell berkecimpung di listrik dan kemagnetan. Seluruh hukum dalam fisika klasik bisa digunakan untuk menggambarkan kondisi objek saat masa lalu, kondisi masa kini, dan memprediksi kondisinya di masa depan. Apabila informasi kondisi objek masa kini dimasukkan ke dalam hukum fisika klasik, kita pasti dapat memahami gerakkan dan posisinya dalam rentang waktu berapapun. Kita bisa tahu kapan baterai habis terpakai, berapa arus listrik dalam kabel, dan lainnya.

Waktu Menurut Fisika Kuantum

Tahun 1930-an, sebuah ide dan teori baru masuk ke dalam dunia fisika. Ide yang benar-benar baru dan mengguncang seluruh pilar-pilar fisika klasik. Ide ini mantap menjelaskan fenomena dan rahasia dalam dunia mikro yang tidak bisa diselesaikan oleh fisika klasik. Inilah teori Kuantum atau Fisika Kuantum.

Waktu menurut Teori Kuantum

Waktu menurut Teori Kuantum

Fisika Kuantum juga punya pandangan berbeda tentang waktu. Waktu menurut Fisika Kuantum adalah seperti berikut. Meskipun pengukuran telah dilakukan seakurat mungkin sehingga semua informasi terkumpul, mustahil memprediksi kondisi dan posisi benda di masa lalu dan masa depan. Prediksi hanya bisa berupa peluang atau persentase saja. Secara eksplisit fisika kuantum menyatakan bahwa tidak ada yang namanya masa lampau, sekarang, atau masa depan.

Terlepas dari ide dan hukum fisika yang ada, banyak orang yang berpendapat bahwa waktu itu seperti anak panah. Melesat menerobos satu arah. Saat telur pecah, telur tidak mungkin kembali ke keadaan awal. Saat lilin melelah, lilin tidak bisa kembali ke asalnya. Manusia hanya bisa bertambah tua tidak pernah kembali muda. Masa lalu dan masa depan itu ada, tapi semuanya terpisah-pisah tanpa ada yang bisa mengaturnya. Manusia hanya bisa hidup searah dengan panah waktu. Berjalan bersamaan dengan waktu.

Bacaan Lebih Lanjut:

Artikel dalam Satu Bagian

1. Momen Tahun Baru
2. Waktu Menurut Newton dan Einstein
3. Waktu Menurut Fisika Kuantum

sumber gambar : blogspot

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.