Browse By

Intensitas Sambaran Petir

Pelepasan ion di atmosfer bumi adalah gejala alam yang memiliki kekuatan yang amat besar. Kekuatan satu sambaran petir bisa mencapai beberapa ratus gigawatt dan dapat merusak atau mengganggu sistem listrik, bahkan yang jaraknya jauh dari titik di mana petir menyambar.

Kerusakan yang disebabkan oleh sambaran petir langsung umumnya serius dan berbahaya, dengan dampak ekonomi yang merugikan. Sebagai contoh, panel listrik dapat terbakar, kerusakan pada peralatan elektronik bahkan pada bangunan. Belum lagi dampak sambaran langsung kepada manusia yang dapat menyebabkan kematian.

Intensitas sambaran petir langsung

 intensitas sambaran petir

Kurva hubungan frekuensi dengan intensitas sambaran petir

Lembaga Perancis Meteorage melakukan serangkaian pengukuran intensitas kepada lebih dari 5,4 juta sambaran petir di Perancis selama sepuluh tahun 1995-2004. Kurva berikut menyajikan frekuensi kumulatif dari sambaran petir dengan intensitas sambaran. Menurut hasil pengukuran ini:
– 1,27% dari sambaran petir lebih besar dari 100 kA
– 0,33% dari sambaran petir lebih besar dari 150 kA
– 0,1% dari sambaran petir lebih besar dari 200 kA
– 0,03% dari sambaran petir lebih besar dari 250 kA

Perlu dicermati, kurva hasil pengukuran atau penelitian ini adalah untuk lokasi di Perancis. Meskipun tidak ada hubungan antara intensitas petir dengan posisi geografis, ada faktor kerapatan atau kelembaban udara yang turut mempengaruhi intensitas petir menyambar di suatu lokasi. Daerah tropis yang cenderung lembab memiliki tingkat kerapatan sambaran petir yang lebih tinggi daripada daerah sub-tropis. Berikut ini disajikan kerapatan sambaran petir di dunia.

Dalam setiap detik terjadi 2000 sampai 5000 petir di seluruh dunia. Pada tingkat lokal, estimasi risiko sambaran petir dilakukan dengan konsultasi grafik Ng, parameter yang menunjukkan kepadatan pelepasan ion berdasarkan wilayah geografis. Kurva ini diperoleh secara eksperimental atau dengan lightning localization system (LLS), di mana penelitian dilakukan terhadap jumlah sambaran petir per kilometer persegi dan per tahun.

Jika nilai Ng tidak harus tersedia, dapat diperkirakan dengan rumus berikut:
Ng 0,1 Td

di mana Td merupakan hari badai per tahun (nilai yang dapat diperoleh dari peta isokeraunic berikut).

kerapatan sambaran petir

Kerapatan sambaran petir (untuk gambar dengan resolusi tinggi, silahkan hubungi kami)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : ABB Sace

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.