Browse By

Membangun PLTN di Bangka

Mengapa Membangun PLTN di Bangka?

Indonesia Membangun PLTN di Bangka

Indonesia Membangun PLTN di Bangka

Masih seputar pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia, BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) sebagai badan yang berwenang melaksanakan kebijakan tenaga nuklir berencana menjadikan wilayah Batam sebagai tempat pembangunan PLTN. BATAN seperti yang dilansir oleh humasbatam.com, memaparkan beberapa alasan mengapa Batam dipilih sebagai tempat PLTN. Batam dipilih karena letak geografis yang menguntungkan dan aman, tidak ada patahan yang menyebabkan gempa bumi atau gunung berapi. Peluang tsunami pun kecil.

BATAN juga menjelaskan dalam presentasi, bahwa PLTN dibangun untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik jangka panjang. PLTN dipandang mampu menyelesaikan defisit pasokan listrik, dengan ekonomis dan ramah lingkungan. Bukan hanya itu menurut Ketua Komite Konsultatif Konsumen Listrik Indonesia (K3LI), Achmad Djiddan Safwan, dari segi ekonomis hasil pembangunan PLTN ini pun dapat dijual ke Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam, sehingga dapat menghasilkan keuntungan pada Bangsa Indonesia (dikutip dari www.satunews.com). Meskipun begitu, rencana pembangunan PLTN di provinsi Bangka Belitung tetap mengundang banyak pro-kontra.

“Kita semua pasca bencana di reaktor nuklir Fukushima, Jepang, tentu akan semakin waspada dalam rencana pembangunan PLTN di Bangka Belitung,” ungkap Kepala Bapeten, As Natio Lasman, seperti dikutip oleh energitoday.com.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.