Browse By

Einstein vs Bohr Part 2 – Konferensi Solvay

Einstein vs Bohr Part 2 di Konferensi Solvay

Niels Bohr menjadi salah seorang fisikawan besar setelah berhasil menyelesaikan dan mengajukan ide model atom baru ke publik. Mungkin oleh karena itu, Bohr diundang untuk mengikuti Konferensi Solvay tahun 1927. Konferensi Solvay ini bukan konferensi sembarangan, karena hanya bisa diikuti oleh fisikawan-fisikawan besar dari seluruh dunia. Bohr mengikuti Konferensi Solvay ini untuk memberikan penjelasan dan kuliah umum bertemakan “Foton dan Elektron”. Konferensi kali itu juga sebagai media bertukar pendapat di antara para fisikawan-fisikawan. Bohr sadar, dia harus bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dia bersama dengan muridnya Heisenberg ingin menjelaskan dan menyebarkan ide tentang Teori Fisika Kuantum.

Konferensi Solvay

Konferensi Solvay di Belgia pada tahun 1927

Konferensi Solvay

Sama halnya dengan Einstein. Einstein juga memanfaatkan kesempatan ini. Dia ingin menyatakan ketidak setujuan-nya pada Bohr, khususnya mengenai Teori Ketidakpastian (uncertainty principlebuatan Heisenberg. Einstein ingin mengklarifikasi bahwa sesuatu yang namanya “ketidakpastian” itu tidak boleh dimasukkan ke dalam ilmu pengetahuan. Itu karena Einstein berpendapat bahwa dalam ilmu pengetahuan segala sesuatu itu adalah pasti.

einstein vs bohr

Einstein vs Bohr

Ketidaksetujuan Einstein begitu nyata, sehingga Einstein kadang mengungkapkannya dengan kata-kata bernuansa lain, salah satu contohnya adalah, “Tuhan tidak pernah bermain dadu dalam menciptakan alam semesta.” “God does not play dice with the universe.” (sumber www.alberteinsteinsite.com/quotes). Jarang sekali seorang fisikawan sekaliber Einstein mengungkapkan hal-hal agamawiah kepada masyarakat umum. Tapi kali itu Einstein turut menyertakan perasaannya saat memberikan komentar.

Einstein

Foto Einstein

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.