Browse By

Apakah International Protection (IP)?

Apakah International Protection (IP) itu? Kode IP menunjukkan derajat perlindungan yang diberikan oleh panel/ enclosure terhadap akses ke bagian berbahaya di dalamnya, seperti masuknya benda padat  atau masuknya air. Tingkat proteksi dari panel/ enclosure dapat dibedakan sesuai dengan spesifikasi Standar IEC 60529, dengan kode huruf IP (Internasional Protection) diikuti dengan dua angka dan dua huruf tambahan.

Karakter angka pertama menunjukkan tingkat proteksi terhadap masuknya benda padat asing dan terhadap kontak orang dengan bagian yang berbahaya di dalam panel/ enclosure. Kemudian, karakter angka kedua menunjukkan derajat proteksi terhadap masuknya air ke dalam panel/ enclosure. Perlu dicatat bahwa dua karakter angka tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.

Kemudian, huruf tambahan menunjukkan tingkat proteksi orang terhadap akses ke bagian berbahaya. Huruf tambahan digunakan hanya jika perlindungan yang sebenarnya terhadap akses ke bagian berbahaya adalah lebih tinggi (atau lebih spesifik) dari yang ditunjukkan dengan dua karakter angka pertama. Jika hanya menunjukkan perlindungan terhadap akses ke bagian berbahaya, karakter angka pertama harus diganti dengan huruf X. Misalnya proteksi yang lebih tinggi ini bisa disediakan dalam bentuk penghalang, prosedur membuka khusus, maupun jarak aman dengan bagian dalam panel/ enclosure.

Jika penulisan derajat perlindungan IP ini merujuk secara eksklusif untuk keselamatan orang terhadap kontak langsung, seluruh karakter angka harus diganti dengan “XX”. Dalam hal ini derajat perlindungan ditandai dengan huruf tambahan. Jadi, penulisan dua huruf tambahan tidak dapat terlepas dari dua karakter angka yang pertama. Itulah alasan mengapa huruf tambahan hanya digunakan untuk menjamin tingkat proteksi terhadap kontak langsung yang lebih tinggi dari yang ditunjukkan oleh dua angka karakteristik pertama. Huruf tambahan ini digunakan untuk melengkapi derajat proteksi atau menjelaskan proteksi khusus yang tidak dicakup oleh dua karakter angka sebelumnya.

Tabel di bawah ini merangkum arti dari berbagai elemen yang membentuk derajat proteksi IP. Untuk keterangan lebih lanjut referensi harus dibuat dengan standar IEC 60529.

Cara penulisan kode IP

Cara penulisan kode IP

Tabel penulisan kode IP

Tabel penulisan kode IP

Sumber: Technical Application Paper, ABB SACE

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.