Browse By

Komik Alkitab Karya H.A. Oppusunggu

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 29 Desember 2013, saya beserta teman-teman yang lainnya merapikan gudang gereja. Karena hari Minggu terakhir di tahun 2013, seluruh jemaat bekerja sama mengeluarkan barang dari gudang, memilah-milah barang yang perlu dan yang tidak, lalu merapikannya kembali. Sebagai salah seorang anggota komisi misi di Gereja, saya sendiri kebagian tugas merapikan peralatan dan bahan-bahan misi. Jadilah saya hari itu membongkar kardus berisi traktat-traktat dan selebaran misi. Saat merapikan itulah saya menemukan komik Alkitab dalam bahasa Jepang berjudul “Sang Mesias”.

Saya sesekali melihat-lihat isi komik Alkitab itu. Komik Alkitab itu dibikin bewarna dan dengan karakter yang dinamis seperti komik-komik pada masa kini. Garisnya tebal tipis, warnanya pun menarik dan berpadu apik dengan balon-balon percakapan. Saya jadi teringat tentang komik Alkitab yang dulu sering saya baca. Komik Alkitab yang banyak dipajang di Toko buku Kalam Hidup Jatinegara. Komik Alkitab yang disarikan H.A. Oppusunggu.

Berkenalan dengan Komik Alkitab

Komik Alkitab sangat membantu dalam memahami cerita Alkitab, setidaknya itu yang saya alami sendiri. Dulu setelah pembagian rapor di sekolah dasar (masih sistem caturwulan) saya dan abang tidak pernah langsung pulang ke rumah. Mama selalu mengajak saya dan abang untuk pergi ke Toko Buku Gramedia Matraman.

Namun sebelum ke Gramedia Matraman, mama selalu mampir dulu ke kantornya. Kantor mama di SMA Negeri 54 Jakarta. Saat menunggu mama menyelesaikan pekerjaan, saya dan abang selalu menunggu di Toko Buku Kristen Kalam Hidup, yang terletak tidak jauh dari terminal Kampung Melayu. Saya dan abang selalu melahap habis, membaca buku cerita anak-anak, majalah-majalah Kristen, renungan-renungan harian, dan beberapa buku tebal mengenai Kekristenan.

Saat membaca buku di Toko Buku Kalam Hidup Jatinegara inilah saya dan abang bertemu dengan komik Alkitab pertama kali. Waktu itu komik Alkitab masih hitam putih dan hanya terdiri dari gambar dan balon percakapan bergaris. Namun meskipun begitu, isinya sangat menarik, jalan ceritanya dinamis, dan kami pun bisa membacanya berjam-jam.

Komik Alkitab Karya H.A. Oppusunggu

Hampir semua komik Alkitab itu disarikan oleh H.A. Oppusunggu, nama penulis yang tidak mungkin saya lupakan seumur hidup saya. Komik Alkitab itu terdiri dari bermacam-macam seri dengan satu seri berkisah mengenai seorang tokoh Alkitab. Ada buku tentang Adam dan Hawa, kisah Abraham, Musa, Daud, Ester, Daniel, Yesaya, Yeremia, Petrus, Paulus dan tentu saja Tuhan Yesus. Setiap kali datang ke Toko Buku Kalam Hidup, saya dan abang pasti membaca seri yang lainnya. Itu karena di Toko Buku Kalam Hidup kita bisa membaca bukunya bebas sebab bukunya tidak dibungkus plastik.

Ketika Mama datang menjemput di Kalam Hidup, saya dan abang sering adu pendapat mengenai buku atau komik Alkitab mana yang ingin dibeli. Lewat perdebatan agak panjang akhirnya kami memutuskan membeli buku yang kisahnya paling menarik dan enak untuk dibaca berulang-ulang.

Dari Komik Alkitab inilah saya dan abang sangat terbantu memahami Alkitab sejak kecil. Saya jadi bisa membayangkan setua apa Abraham waktu dipanggil Tuhan, sebanyak apa orang Israel waktu keluar dari tanah Mesir, sebesar apa Goliat dibandingkan dengan Daud, bagaimana keadaan Daniel waktu dimasukkan ke gua singa, bagaimana rupa murid-murid Tuhan Yesus, dan yang lainnya. Gambaran akan tokoh-tokoh Alkitab inilah yang membuat saya dan abang jadi makin tertarik membaca Alkitab. Kami membandingkan cerita di Alkitab dengan isi Komik Alkitab tersebut. Kami juga jadi bersemangat datang ke Sekolah Minggu, ingin mendengar tentang kisah-kisah di Alkitab.

Komik Alkitab memang menarik, dan yang terpenting bisa menjadi awal pengenalan akan Alkitab. Makanya saya begitu paham mengapa Badan Kristen di Jepang membuat komik-komik Alkitab yang dibagikan ke orang-orang Jepang. Membaca komik Alkitab bisa jadi awal pengenalan firman Tuhan dan Tuhan Yesus sendiri.

Kini komik Alkitab itu tersimpan rapi di rak buku di lantai atas rumah. Kalau liburan, abang sering merapikan rak buku, membersihkan buku-buku dari debu, dan melap seisi rak buku. Untung karena abang sering membersihkan raknya, buku Komik Alkitab itu pun masih terawat hingga kini.

Udah ya, mau baca komik Alkitab dulu. Sampai jumpa lagi teman-teman.

Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4, 5

Recommended for you

10 thoughts on “Komik Alkitab Karya H.A. Oppusunggu”

  1. daniel medellu says:

    Pengalaman yg sama mengingatkan masa lalu dimana buku2 ini membentuk gambaran yg jelas tentang cerita2 alkitab secara kronologis, sy ingin sekali membeli dan bagi2kan buku2 tersebut kpd anak2 sekolah minggu yg menurut saya sangat membantu anak2 utk memahami cerita alkitab bergambar spt yg ada di buku2 HA Oppusunggu ini… merry christmas..

  2. Mithy says:

    terima kasih tulisannya. Sy sampai terharu mengingat pernah punya komik2 ini jaman SD (20 tahun yll).

    1. Nugroho2014 says:

      Komik-komik Alkitab seperti ini memang sangat membantu menjelaskan kisah Alkitab kepada anak-anak.
      Puji Tuhan saya dulu bisa pergi ke Toko Buku Kalam Hidup Jatinegara dan membaca seluruh kisah dan komik Alkitab karya Pak Oppusunggu

  3. M. Immaculata S. Handajani says:

    I also read Oppusunggu’s Bible comic books! Wah, saya kira itu komik2 saduran, ternyata yang ciptakan orang Indonesia. Sangat bangga! Do you know if Mr. Oppusunggu still alive and where we can reach him?

    1. Nugroho2014 says:

      I have written about this on another post Mengenal Sosok H.A. Oppusunggu. Hope you understand Indonesian.
      Saya sendiri tidak tahu apakah Bapak H.A. Oppusunggu masih ada atau tidak. Namun ketika mencari mengenai informasinya di internet saya mendapatkan fakta kalau beliau telah pensiun dari profesinya sebagai Direktur Emeritus Yayasan Komunikasi Bina Kasih. Membaca informasinya lebih lanjut tertulis juga bahwa Bapak H.A. Oppusunggu sudah 2 kali terserang stroke dan jadi lumpuh dan tidak bisa berbicara. (Informasi ditulis pada Agustus 2007 – tujuh tahun silam).

  4. Yusak Ferry says:

    Komik Alkitab ini yg saya baca saat masih kecil dan mebuat saya ingat kisah2 di Alkitab, dimana saya bisa mendapatkan (membeli) komik2 dr HA Oppusunggu? Bisa infokan via email, terima kasih.

    1. Daniel Sihombing says:

      Siang pak Yusak, sekarang ini masih tersedia di Toko Buku Kalam Hidup, maupun BPK Gunung Mulia.
      Salam.

      1. daud says:

        Pak saya mau beli 6 buku tersebut

        1. Daniel Sihombing says:

          Ada di Toko Buku Gunung Mulia di kawasan Kwitang pak. Salam.

  5. Ape Liwang says:

    Sy sampai terharu mengingat pernah punya komik2 ini jaman SD sekitar 20 tahun yll ketika di kalimantan timur, buku tersebut kami dapat dengan cuma cuma alias gratis, kebetulan kami hidup serumah dengan gembala jemaat di pastori.
    apakah buku tersbut masih tersedia stock nya apa dah nggak ada, trims banyak

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.