Browse By

Hari ini Harinya Tuhan

Judul tulisan di atas adalah judul lagu, sekaligus judul program yang dibawakan oleh Pdt. Gilbert Lumoindong setiap hari selama 15 menit yang mengupas mengenai Alkitab secara keseluruhan. Program pendek ini disiarkan oleh Radio Pelita Kasih setiap pukul 04.30 pagi, dan telah berlangsung selama hampir 10 tahun.

Program Hari ini Harinya Tuhan

Saya percaya ini bukanlah kekuatan atau kehebatan manusia, tetapi Allah juga ikut serta dan menolong sehingga program ini bisa selesai hingga pada akhirnya.Hari ini adalah program 572 pada pembahasan Lima Buku Musa, dan sekaligus berarti keseluruhan program ini sudah berakhir, dengan kata lain semua isi Alkitab telah diberitakan secara tuntas semuanya. Program terakhir berbicara mengenai “Roh Kebijaksanaan” yang terambil dari Ulangan 34: 9-12. Bukan suatu kebetulan bila pada akhir pembahasan Alkitab, kita belajar mengenai kebijaksanaan. Kita memang perlu bapak-bapak bijaksana, ibu-ibu bijaksana, pemuda pemudi yang bijaksana. Orang yang bijaksana adalah:

  1. Seorang yang melihat masalah bukan sebagai musuh, namun sebagai guru yang mengajar banyak pelajaran rohani.
  2. Seorang yang bukan melihat jabatan sebagai prestasi, namun sebagai tanggung jawab
  3. Seorang yang melihat uang bukan sebagai tujuan, sebagai alat untuk membahagiakan orang lain dan terlebih lagi untuk Tuhan sendiri.
  4. Melihat sukses bukan langkah akhir kehidupan, namun bonus berkat yang Tuhan percayakan.

Saya sendiri dan abang juga hampir selalu mendengarkan siaran ini. Mulai dari saat kami ada di SD SMP, dan SMA. Bahkan sampai saya pergi ke Jepang untuk melanjutkan studi, saya juga masih terus mendengarkan acara ini melalui live streaming audio Internet. Abang yang belajar di Bandung juga tetap mendengarkannya dengan cara yang sama. Ya, kebiasaan ini terbentuk sejak kecil karena mama sering sekali menyalakan radio yang berisi puji-pujian kepada Tuhan dan Firman Tuhan pada pagi hari, ketimbang menyalakan TV untuk mendengar berita. Firman yang didengarkan memang baik, kembali menguatkan dan mengingatkan kami sekeluarga sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari kami.

Sejarah Program Radio Hari ini Harinya Tuhan

Hari Ini Harinya Tuhan mulai siaran pada tahun 2001 dan terus-menerus berlanjut tanpa henti. Berikut adalah urutan pembahasan Alkitab

  1. Perjanjian Baru
  2. Mazmur dan Amsal
  3. Kitab Nabi-Nabi Besar (Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, dan Daniel)
  4. Kitab Nabi-Nabi Kecil (Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, dan Maleakhi)
  5. Kitab Puisi
  6. Kitab Sejarah
  7. Lima Buku Musa / Taurat

Memang tidak setiap hari saya dan abang mendengarkan program ini, karena terkadang saya masih mengantuk atau tidak fokus mendengarkan. Itu dikarenakan karena saya dan abang seringkali belajar hingga larut malam, sehingga agak telat sedikit bangun pagi. Tetapi kami berdua berusaha untuk bangun pagi setiap hari demi untuk mendengarkan Firman Tuhan. Ada satu kalimat yang mengena bagi saya, kalimat yang selalu diucapkan Pendeta pada akhir programnya: Jadikan hari ini hari-Nya Tuhan, Haleluya! Biarlah benar seperti yang dikatakan, mari kita persembahkan seluruh kehidupan kita sepanjang hari menjadi hari-Nya Tuhan.

Saat artikel ini ditulis, sudah muncul lagi program baru “Kasih Setia Tuhan”, sebuah program rohani yang akan membahas seluruh doktrin Alkitab sehingga setiap kita semakin berakar di dalam kebenaran, yang membuat kita dapat bertumbuh dan berbuah lebat bagi kemuliaan Tuhan. Program ini akan  dibawakan kembali oleh hamba Tuhan Pdt. Gilbert Lumoindong dan direncanakan akan tuntas selama 10 tahun. Mari kita tetap setia dalam mendengarkan firman Tuhan setiap hari.

Tuhan memberkati kita semua.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.