Browse By

Bagaimana Bisa Lulus Ujian Masuk S2

Setelah melakukan proses pendaftaran dan mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti surat pendaftaran program S2, daftar nilai selama 6 semester di kampus, hasil ujian TOEIC (Bahasa Inggris), dan beberapa dokumen data diri, saya dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Chiba University pada Minggu 27 Juli 2014. Ujian wawancara ini diperbolehkan bagi mahasiswa yang nilai akademiknya bagus dan yang telah berkomunikasi dengan dosen pembimbing di Chiba University.

Jadilah pada tanggal 27 Juli itu, saya berangkat pagi-pagi sekitar jam 7 pagi untuk mengikuti ujian masuk S2 Chiba University yang mulai diadakan jam 9.30. Tiba di ruang tunggu ujian, sudah banyak mahasiswa dari universitas lain yang berkumpul dan menunggu ujian masuk S2 dimulai. Jumlahnya kurang lebih 40an orang.

Pukul 09.30 tepat, dua orang dosen penjaga masuk ke ruangan dan menjelaskan mengenai tata cara ujian tata tertib peserta ujian. Setelah itu dia mengabsen mahasiswa yang ikut ujian dan menyebutkan urutan peserta ujian. Saya sempat kaget waktu itu karena mendapatkan nomor urut yang kedua.

Puji Tuhan, meskipun sempat deg-degan saat masuk ke ruang ujian, saya bisa menjawab seluruh pertanyaan dari dosen yang jumlahnya 8 orang. Meskipun ada beberapa jawaban yang sempat salah awalnya, saya langsung disadarkan Tuhan untuk mengganti jawaban dengan yang benar. Mengenai detail pertanyaan dan suasana ujian, saya akan menjelaskannya di artikel berikutnya.

Dan puji Tuhan, seminggu berlalu setelah wawancara ujian masuk S2, pada tanggal 5 Agustus yang lalu, saya mendapatkan surat pemberitahuan bahwa saya lulus ujian masuk S2 di Chiba University. Saya ingat betul, waktu itu saya pulang dari kampus sekitar sore hari jam 4, saya menemukan surat di kotak pos dan segera membukanya. Ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa saya lulus ujian dan diterima di Program S2 Chiba University, saya sungguh sangat senang dan bersyukur kepada Tuhan.

Pengumuman Lulus Ujian Masuk S2

Tiba di kamar, saya langsung berdoa mengucap syukur pada Tuhan dan segera menyampaikan hasil ujiannya kepada Papa, Mama, dan Abang lewat whatsapp. Saya betul-betul gembira saat itu. Puji Tuhan. Segalanya hanya karena Tuhan saja dan juga berkat doa dan dukungan dari teman-teman semua.

Agar tidak lupa kejadian ini, saya merangkum secara mendetail seluruh langkah mendapatkan universitas dan dosen pembimbing S2 hingga lulus ujian masuk S2 dalam artikel berseri di blog ini. Semoga bisa menjadi bahan informasi juga bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan S2, baik di Indonesia maupun di Jepang, atau di negara-negara lainnya. Selamat membaca.

Daftar artikel mengenai langkah-langkah hingga lulus ujian S2
Sumber Informasi : Informasi mengenai Chiba University langkah sampai lulus ujian S2

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.