Browse By

Kerja yang Menyenangkan

Kerja apa yang menyenangkan? Ah, tidak menyenangkan. Dan sepertinya bagi sebagian besar orang kerja bukan hal yang menyenangkan, bahkan menjadi tantangan atau kemalasan sendiri. Hari senin adalah hari yang paling tidak diinginkan oleh banyak pekerja, sedangkan hari jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Esoknya, sabtu dan minggu adalah hari libur.

Bagaimana Bisa Jadi Kerja yang Menyenangkan?

Namun saya bersyukur, pekerjaan yang saya miliki kerja yang menyenangkan. Menyenangkan karena sesuai dengan bidang keilmuan saya, menyenangkan juga karena memberikan saya banyak kesempatan untuk belajar dan memahami hal-hal baru. Dalam pekerjaan ini saya belajar dalam perancangan dan perbaikan motor dan generator. Motor adalah alat yang digunakan untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi gerak/kinetik, sedangkan generator adalah alat yang digunakan untuk mengkonversi energi gerak/kinetik menjadi energi listrik. Dalam pekerjaan ini, saya belajar sisi teknikal dan juga sisi manajemen. Saya turut serta dalam proses inspeksi, proses strapping pembersihan coil/gulungan, mempersiapkan isolasi, kemudian memasukkan coil hingga pengetesan akhir yang membuktikan bahwa motor sudah kembali bekerja dengan baik, Selain itu, saya juga terlibat dalam proses pengendalian mutu, harga, dan juga jadwal pengerjaan untuk memastikan seluruh pekerjaan selesai tepat waktu dan memberikan keuntungan. Menyenangkan? Ya, karena saya ini sesuai dengan keahlian saya saat berkuliah。

Melakukan pekerjaan yang menyenangkan sesungguhnya memberikan kita energi lebih. Kita lebih bersemangat dalam mengerjakan dan mempersiapkannya. Ingat,kata ENJOY dan JOY dalam bahasa inggris memiliki padanan yang cukup dekat, keduanya mengandung aksara JOY yang dalam bahasa kita berarti kebahagiaan. Dalam arti langsung, di saat kita menikmati sesuatu, kita akan bahagia. Juga, saat kita bahagia dalam melakukan sesuatu, kita berarti menikmatinya. Menikmati pekerjaan hanya dapat dilakukan jika kita dapat melihat bekerja sebagai tempat untuk aktualisasi diri:membangun diri menjadi sesuatu yang lebih baik. Bukan sebagai suatu beban yang dipikul untuk memperoleh sejumlah uang untuk melanjutkan hidup. Dengan motivasi membangun diri, kita akan lebih giat dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas kita. Menganggapnya sebagai sebuah kesempatan untuk menjadi “seseorang yang lebih baik” di masa yang akan datang.

Implikasinya, setiap hari menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Hari senin, selasa, rabu, kamis, dan jumat adalah hari dimana kita bahagia dan senang melakukan semua pekerjaan dan aktivitas kita。Kerja yang menyenangkan karena kita menikmatinya. Kerja yang menyenangkan karena menjadi kesempatan bagi kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber gambar : blogspot

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.