Browse By

Bersama Tuhan Hadapi Masalah

Hidup kita tidak melulu hal-hal yang menyenangkan saja, ada saat tertentu di mana Tuhan mengijinkan untuk menghadapi perkara yang tidak menyenangkan, yang bisa datang dari teman, pasangan, orang di sekitar kita, dan masih banyak lagi. Persoalannya sekarang bukan mengapa perkara itu mesti datang, tapi bagaimana kita meresponnya. Bagaimana kita menanggapi masalah yang datang. Kita mesti punya kekuatan iman untuk menghadapi segala perkara yang tidak menyenangkan itu. Tapi bagaimana langkah yang tepat hadapi masalah? Ijinkan saya membagikannya untuk teman-teman.

Bersama Tuhan Itu Kuncinya

Yang pertama, sadari bahwa semua masalah atau pergumulan yang Tuhan izinkan pasti ada maksudnya. Pergumulan seringkali terasa begitu besar, sehingga kita tidak bisa melihat apa yang ada di baliknya. Tapi apabila kita sudah terbiasa membaca dan mengerti Firman Tuhan, saat menghadapi pergumulan, kita tahu akan janji Tuhan. Bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan pencobaan melebihi kekuatan kita (1 Korintus 10:13). Dengan keyakinan dan pengharapan seperti itu, kita akan bisa berdiri tegak dan melewati permasalahan, sambil berharap akan janji Tuhan di baliknya.

Yang kedua, sadari bahwa kita harus berubah, bertobat, mengakui kesalahan. Pergumulan dan pencobaan seringkali menyadarkan kita akan hal-hal yang kita lakukan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Dengan kerendahan hati dan hati yang tulus, kita harus mengakui hal-hal tersebut. Dalam doa kita panjatkan permohonan ampun dan nyatakan janji ingin berubah. Kemudian, mintalah Tuhan yang bekerja dan membereskan hati, pikiran, dan kelakuan kita.

Yang ketiga, sadari kuasa Tuhan, minta hikmat, ketenangan, kebenaran dan kekuatan. Mari kita mencontoh Daud. Saat menghadapi pergumulan, jangan kita langsung panik dan lantas minta pertolongan orang lain sampai berbuat dosa (seperti yang dilakukan oleh Saul saat menghubungi pemanggil arwah). Yang pertama dilakukannya ialah meminta pertolongan kepada Tuhan. Tapi ingat, Daud tidak berdoa, “Tuhan enyahkan semua masalah saya!”. Tapi, Daud meminta hikmat, ketenangan, dan kekuatan untuk menghadapi semua masalah. Dan kita lihat, bersama Tuhan Daud berhasil memimpin Bangsa Israel untuk tetap setia dalam Tuhan hingga akhir hidupnya.

Masalah boleh datang, tapi satu hal yang perlu kita ingat. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Bersama Tuhan kita tak perlu takut dan goyah, kita tetap tegak dan melangkah ke depan. Hadapi semua masalah.

Ijinkan saya menutup artikel kali ini dengan sebuah lagu: Bersama Tuhan. Sebuah lagu saya dengarkan beberapa minggu lalu di Gereja. Lagu yang sangat menguatkan dan menghibur kita yang dalam masalah dan pergumulan! Teman-teman, tetap kuat dan jalan bersama Tuhan!

Engkau ada bersamaku di tiap musim hidupku
Tak pernah Kau biarkan ku sendiri

Kekuatan di jiwaku adalah bersama-Mu
Tak pernah kuragukan kasih-Mu

Bersama-Mu Bapa kulewati semua
Perkenanan-Mu yang teguhkan hatiku
Engkau yang bertindak memb’ri pertolongan
Anugerah-Mu besar melimpah bagiku

Video Lagu Bersama Tuhan


Sumber Video : Youtube

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.