Browse By

Pindah Rumah dengan Akabou

Meskipun rasa cemas sempat membayangi, bersyukur karena Tuhan tetap memberikan ketenangan kepada saya untuk mencari informasi di internet. Saya teringat kata Kokusai Sensei mengenai jasa pindahan perseorangan yang namanya Akabou (topi merah). Sensei mengatakan dibandingkan dengan perusahaan besar, akabou adalah jasa perseorangan sehingga harganya lebih terjangkau. Bedanya, kita mesti mengurus bahkan memasukkan barang-barang ke dalam kardus sendiri dan membantu tukangnya memasukkan ke dalam mobil. Bisa dibilang, perusahaan besar menyediakan tukang dan membantu pengepakan dan pindahan secara keseluruhan, sementara Akabou hanya menyediakan supir mobil pindahan. Saya pikir lebih baik menggunakan Akabou. Selain barang-barang saya tidak terlalu banyak, saya juga bisa mengepaknya sendiri. Kardus-kardus untuk barang-barang pun masih tersisa dari pindahan dua tahun yang lalu. Semuanya masih layak pakai dan saya letakkan di bawah kasur tempat tidur. Untuk itulah saya lebih fokus mencari informasi di internet mengenai jasa pindahan rumah Akabou.

Pindah Rumah dengan Akabou

Pindah Rumah dengan Akabou

Pindah Rumah dengan Akabou

Akabou sendiri adalah panggilan untuk penyedia jasa pindahan rumah perseorangan. Biasanya seorang tukang yang telah mendapatkan lisensi khusus membuka jasa antar barang dengan mobil sendiri. Jadilah saya mencari informasi tentang akabou di daerah sekitar tempat saya tinggal. Total saya menemukan 3 Akabou di daerah kota Tama, kota Nishi Tokyo, dan Kota Nerima yang semuanya dekat dengan tempat tinggal saya. Setelah mengontak lewat email, menjelaskan barang-barang yang ingin dipindahkan, keadaan tempat tinggal sekarang dan yang baru, serta alamat tempat tinggal yang baru, Akabou Kota Nishi Tokyo lah yang pertama kali membalas. Ketika dicek hari kepindahan tanggal 13 Maret 2015 pun, masih tersedia. Daripada menunggu lama lagi, saya langsung meneken perjanjian dengan tukang Akabou.

Dia menyuruh menjelaskan detail kuantitas dan jenis barang yang ingin diangkut supaya bisa menyediakan kendaraan yang cocok. Mulanya saya memasukkan informasi barang-barang saya sendiri (beberapa potong pakaian tebal, kulkas, microwave, rak-rak tempat makan, televisi, sepeda, dan kardus sekitar 8 biji) dan dia membalas biaya pindahannya 31.320 Yen untuk satu orang. Meskipun jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pindahan dari perusahaan besar, saya pikir biaya itu masih cukup mahal. Saya pun sempat agak bingung dan lama tidak membalas email tukang Akabou itu.

Saya sempat merenung sambil tidur-tiduran, istirahat sejenak dari kesibukan selama satu hari. Bagaimana apakah mau meneken janji pindah rumah dengan harga hampir 3,2 juta rupiah atau tidak. Tiba-tiba telepon kamar berdering, teman saya orang Kamboja yang saya beritahu agen rumah Aoi Fudosan nampaknya sudah tiba di rumah juga. Dia mengatakan sudah pasti juga menyewa rumah dari agen Aoi Fudosan dan menggunakan kamar 102, kamar kosong di bawah kamar yang tadi saya pergi.

Penyertaan Tuhan Sungguh Nyata

Saya pun sontak mengajak dia apakah mau pindahan barang di hari yang sama, hari Jumat tanggal 13 Maret 2015. Mumpung alamat rumah sekarang dan rumah yang baru itu sama, biaya pindahan tentunya bisa ditekan, begitu pikir saya. Saya pun segera memintanya mengirimkan data barang-barangnya yang hendak dibawa dan menyampaikan perihal itu kepada tukang Akabou. Dia kemudian menyampaikan balasan bersedia, dan menawarkan mobil berukuran lebih besar. Memang biaya pindahannya menjadi 39.800 Yen atau sekitar 4 juta rupiah, namun biaya itu bisa dibagi dua antara saya dan teman saya. Akhirnya saya hanya membayar sekitar 2 juta rupiah untuk pindahan.

Setelah kemudian mengirimkan email detail alamat dan hari kepindahan, akhirnya saya meneken perjanjian dengan Tukang Akabou untuk pindah tanggal 13 Maret 2015. Saya pun menyampaikan hal tersebut kepada teman saya, dan menyuruhnya untuk mempersiapkan kardus dan mengepak barang-barang. Teman saya pun setuju dan akhirnya dalam satu hari yakni tanggal 24 Januari 2015, baik rumah yang akan ditempati maupun Tukang Akabou yang membantu pindahan, semuanya terselesaikan dengan baik.

Saya benar-benar bersyukur kepada Tuhan atas berkat dan penyertaan-Nya baik kepada saya. Tuhan sudah menuntun saya mendapatkan agen rumah dan juga rumah yang pas, tidak terlalu mahal, dekat dengan universitas dan supermarket. Tuhan juga menolong saya bisa menemukan Tukang Akabou yang bisa membantu pindahan di tanggal 13 Maret. Tuhan juga sudah memakai saya menjadi berkat bagi teman saya yang hampir putus asa. Seluruh ketakutan, kecemasan, dan kekuatiran saya, diubahkan Tuhan menjadi kesuksesan dan kebaikan! Sungguh Tuhan begitu baik!

Sumber gambar : http://www.akabou-happy-service.jp

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.