Browse By

Partangiangan Bona Taon

Partangiangan dalam bahasa batak berarti doa atau berdoa bersama. Bona berarti sumber, permulaan, atau awal. Taon sendiri berarti tahun. Partangiangan bona taon berarti doa bersama di awal tahun. Doa “bersama” ini berarti berdoa dengan orang lain, biasanya keluarga besar atau satu perkumpulan. Oiya, sebelum saya lupa, pada kenyataannya, biasanya partangiangan bona taon ini amat jarang diadakan di awal tahun (atau setidaknya dalam minggu-minggu awal tahun) karena biasanya banyak keluarga yang pulang kampung dan tidak berada di wilayah Jabodetabek. Sehingga partangiangan bona taon dapat juga dikatakan doa bersama menyambut tahun yang baru.

Firman Tuhan dalam Partangiangan Bona Taon

Suasana Partangiangan bona taon

Suasana Partangiangan bona taon

Partangiangan bona taon sudah menjadi acara rutin bagi orang Batak, khususnya di tanah perantauan. Partangiangan bona taon ini menjadi ajang untuk berkumpul dan merayakan tahun baru bersama. Di tanggal 2 Januari ini, saya bersama dengan keluarga dari mama (Banjarnahor) merayakan partangiangan bona taon. Partangiangan pertama di tahun ini. Kami berkumpul bersama di Aula HKBP Kramat Jati.

Keluarga besar pomparan dari Banjarnahor Parmonangan berkumpul bersama di hadapan Allah yang penuh kasih. Dengan penuh syukur kita boleh menutup lembaran sejarah perjalanan hidup kita di sepanjang tahun 2014. Dengan rendah hati pula, kita memohon bimbingan dan pertolongan kasih Tuhan agar kita diteguhkan menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak-Nya sepanjang tahun 2015, khususnya untuk hidup dalam kasih.

Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.
Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, lakukanlah yang baik bagi semua orang.

Alangkah sukacita di hatiku, di hatiku, di hatiku
Alangkah sukacita di hatiku, Yesus menolongku
Aku bersyukur, bersukacita, sebab Yesus menolongku
Aku bersyukur, bersukacita, sebab Yesus menolongku

Gok las ni roha do au di ngolungkon, di ngolungkon, di ngolungkon
Gok las ni roha do au di ngolungkon, tongtong di ngolungkon
Mauliate, gok las ni roha, maringan holongMi Tuhan di au
Mauliate, gok las ni roha, maringan holongMi Tuhan di au

Perayaan Tahun Baru bersama Keluarga

Selepas ibadah singkat yang dipimpin oleh Tulang dan juga Bapatua, diadakan acara mandok hata antarkeluarga. Tulang Iren yang memimpin acara siang itu. Kemudian, kami makan bersama di Aula itu serta mengikuti beragam acara hingga sore hari. Acara yang meriah di awal tahun, dapat berkumpul bersama.

Semoga dalam menjalani hari-hari kehidupan sepanjang tahun 2015 seluruh Pomparan Banjarnahor dari Parmonangan Bakara selalu dalam naungan rahmat dan belas kasihan Tuhan. Semoga seluruh orang selalu dalam suasana bahagia di tengah-tengah keluarga.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.