Browse By

Tujuan Allah: Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan

Siapakan John Newton? Penulis hyme terkenal “Amazing Grace” yang hingga kini kita kenal juga sebagai penyair, pendeta, penulis lagu, konselor, dan ahli teologia. Belakangan dalam hidupnya, John Newton sering menyebut dirinya sebagai “Penghujat Afrika tua”–karena memang itulah dirinya.

Kisah John Newton

Ibu John adalah seorang Kristen saleh yang berusaha membesarkan anaknya secara rohani di Inggris pada abad ke delapan belas. Namun, ia meninggal ketika John naru berusia tujuh tahun, dan membuat John harus ikut ayah dan ibu tirinya berlayar di laut. Kedua orangtuanya ini tidak melanjutkan pendidikan rohani. Perjalanan sepanjang beberapa belas tahun telah membuat John tumbuh sebagai kapten kapal yang hebat.

Tetapi kehidupan John Newton di kapal itulah yang membuat hingga kini sejarah terheran. Ia menjalani hidupnya dengan berbagai pesta pora dan kehidupan bejat yang ditawarkan oleh kehidupan di laut. Beberapa kali ia ingin berubah saat mengingat semua pengajaran ibunya sewaktu kecil, namun ia selalu jatuh ke dalam gaya hidup yang tidak benar.

John Newton Tujuan Allah

Foto John Newton : Tujuan Allah dalam hidup

Bagian kehidupan John yang sangat suram dimulai ketika ia terlibat dalam perdagangan budak Afrika ketika masih muda. Dalam sebuah perjalanan dari Afrika ke Inggris, kapalnya hampir karam karena badai besar. Ia sangat ketakutan sehingga ia menyerahkan dirinya kepada belas kasihan Allah untuk menyelamatkannya, memperkataan semua ayat Alkitab sementara itu terombang-ambing di sekitar Atlantik Utara.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.