Browse By

Mengapa Salib Lambang Agama Kristen?

Banyak orang diluar Kekristenan yang merasa aneh melihat orang Kristen yang memilih salib sebagai lambang. Dalam 1 Korintus 1:23, salib dikatakan sebagai suatu sandungan bagi orang-orang Yahudi dan suatu kebodohan bagi orang bukan Yahudi. Waduh, salib adalah sandungan dan kebodohan? Mengapa salib? Apa yang mau digambarkan lewat salib itu?

Mengapa Salib?

Mengapa salib lambang Agama Kristen?

Mengapa salib lambang Agama Kristen?

Billy Graham mengatakan dua makna salib. Pertama, salib mengingatkan bahwa kita adalah orang-orang berdosa yang hanya pantas dibinasakan oleh Allah. Setiap saya melihat salib, saya seharusnya sadar. Sayalah yang mestinya digantung di sana! Bukan Yesus! Bukan Yesus! Saya berdosa, saya yang mesti disalib!

Tapi yang kedua, kata Billy Graham, ini yang jauh lebih penting. Salib mengingatkan kita akan kasih Kristus. Setiap kali saya menyadari betapa kotor, cemar, najis, dan berdosanya saya, saya menatap ke salib itu, saya mendengar Tuhan berkata, “Benar engkau najis, engkau kotor, engkau pantas binasa, tapi Aku mengasihimu. Aku mencintaimu.” Salib adalah lambang cinta kasih Allah bagi saya dan teman-teman semua.

Kesadaran bahwa diri sendiri adalah orang berdosa, pantas dibinasakan, namun tetap dikasihi oleh Allah. Kesadaran inilah yang menuntun kita kepada anugerah Allah. Mengapa salib? Karena dari salib yang hina dan cemar itu, terpancar kasih Allah yang tulus dan mesra, merangkul semua orang tanpa terkecuali.

Mengapa Salib, Kutipan dari Ravi Zacharias

Ravi Zacharias seorang India yang menjadi Penginjil Kristen di Kanada dan Amerika menyatakan mengapa salib yang menjadi lambang agama Kristen.

“The cross stands as a mystery because it is foreign to everything we exalt- self over principle, power over weekness, the quick fix over the long haul, cover-up over confession, escapism over confrontation, conform over sacrifice, feeling over commitment, legality over justice, the body over the spirit, anger over forgiveness, man over God.” (from Thinking Matters)

Salib adalah sebuah misteri agung, sangat berbeda dengan apa yang kita pikirkan. Salib melambangkan pengorbanan diri atas hukum, kekuatan atas kelemahan, kemenangan atas kesengsaraan panjang. Melambangkan pengakuan diri atas tuduhan, keberanian atas ketakutan, komitmen dan kasih. Salib melambangkan kekuatan jiwa atas kekuatan fisik, pengampunan melebihi murka Allah, dan Tuhan di atas manusia.

Informasi mengenai Ravi Zacharias: Wikipedia
Sumber Gambar : echoparents..wordpress.com

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published.