Browse By

Kenapa Natal Dirayakan Tanggal 25 Desember?

Sebagian orang menganggap orang Kristen adalah orang yang aneh. Masak tanggal 25 Desember dibilang sebagai hari lahirnya Yesus Kristus. Mengapa Natal dirayakan tanggal 25 Desember?

Saya pun pernah satu kali ditanya oleh beberapa teman mahasiswa sekaligus, masak tanggal 25 Desember adalah hari Yesus lahir. Saya menjawab: “ITU SALAH. Saya dan semua orang Kristen juga tidak tahu pasti kapan Yesus lahir. Tapi tanggal 25 Desember adalah HARI PERINGATAN KELAHIRAN TUHAN YESUS.” Saya senang sekali dengan terjemahan bahasa Indonesia yang bisa menggambarkan tanggal 25 Desember dengan sangat tepat. Sekali lagi saya tegaskan, tanggal 25 Desember, hari Natal, bukanlah hari dimana Tuhan Yesus lahir, tapi hari peringatan kelahiran Tuhan Yesus. Pada hari Natal lah kita semua memperingati kelahiran Tuhan Yesus yang turun dari sorga, dalam wujud seorang bayi, dengan satu tujuan: menjadi sama dengan manusia, untuk menebus manusia dari hukuman dosa.

Kenapa Natal Dirayakan Tanggal 25 Desember

Kenapa Natal Dirayakan Tanggal 25 Desember

Selain itu ada beberapa pertimbangan lain yang menjadikan Bapa-Bapa Gereja menetapkan tanggal 25 Desember sebagai Hari Peringatan Kelahiran Yesus Kristus. Saya akan menceritakan salah satu ceritanya.

Semua orang di dunia tidak terkecuali merayakan tahun baru pada 1 Januari. Dari awal mulanya, 1 Januari adalah hari bersejarah, hari baru, tahun baru. Lalu dihitunglah 8 hari mundur (Tradisi Orang Yahudi pada hari ke-8 disunat), supaya Tahun Baru menjadi hari perayaan yang luar biasa. Tanggal 1 Januari dianggap sebagai hari penyunatan Yesus Kristus, lalu dikurangi 8 hari, jadilah tanggal 25 Desember ditetapkan sebagai Hari Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus. Penyunatan adalah lambang bahwa kita diserahkan dan ada di dalam Kristus, dan pada tahun baru kita semua adalah ciptaan baru yang hidup di dalam Kristus Yesus.

Itulah salah satu cerita mengenai asal usul kenapa Natal dirayakan tanggal 25 Desember. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini bisa dibukakan pikirannya, dan dituntun oleh Roh Kudus, untuk semakin memahami rahasia-rahasia Natal lainnya. Tuhan Yesus Memeberkati Kita Semua dan Selamat Hari Natal!

sumber gambar : blogspot

2 thoughts on “Kenapa Natal Dirayakan Tanggal 25 Desember?”

  1. mike says:

    terimakasih atas artikelnya

  2. RIRI says:

    terima kasih atas artikel ini, karena saya bisa dapat menyelesaikan tugas saya.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.